Pages

Selasa, 15 Oktober 2013

Di Toko Kain..

BismiLlaahirrahmaanirrahiym :3
assalaamu'alaykum warahmatuLlaahi wabarakaatuh :3

AlhamduliLlah dapet libur 4 hari, bebas dari dunia kuliah untuk sementara, ngga bolak-balik rumah-kampus-rumah yang tiap perjalanannya sekitar 1 jam :3 *curhat dulu* #eaaaaa

Gini, tadi (tanggal 14 Oktober 2013) aku ke sebuah toko. Toko kain kiloan yang letaknya ada di kota kecamatan tempatku tinggal. Sebenernya udah lama pengin mampir, liat-liat gitu.. Pengin bikin rok ama kerudung persegi.. Soalnya kalo di toko-toko tuh rok adanya yang nerawang kebangetan ama cupet, susah buat jalan. Terus kerudung persegi yang enak dipakek (yang ngga bunyi kresek-kresek di telinga utamanya) mayan mihil giutt kalo ogud itung-itung :D .. Niatnya mau beli bahan jetblack buat rok, hycon buat kerudung tapi ngga ada semua. Jadi beli bahan buat roknya ngga tau namanya, terus buat kerudungnya pake chiffon.

Teringat kata-kata Mba Winda dulu yahh, kalo beliau ikut kursus menjahit, cuma Rp 200.000 kayaknya buat pola-pola dasarnya, dan kurun waktunya ngga ditentukan. Wih pengin. Soalnya dulu tuh aku suka iseng liat-liat olshop, iseng-iseng juga gugling tentang kain, kwalitasnya, harganya :D
Blah blah blah campuraduk. Ditambah lagi harga-harga kerudung, jilbab yang kadang ngganyante :D
Jadi tambah penasaran aja ama kain..


Ternyata, merk, brand, itu penting banget buat kemahalan suatu produk.

Dan itu diiyakan oleh penjual kain tadi. Jadi sembari beli kain, aku ngobrolnya satu jam sendiri sama Ibunyahh :p

"Coba kursus jahit aja Mba, gampang kok."
"Pengin sih Bu. Tapi dimana ya ?"

"Di xxxxx juga ada Mba. Emang Mbanya dimana ?"
"oh, tapi aku kuliah Bu, jadi kayanya belum bisa kalo kursus. Tapi kalo temenku sih katanya ada di Pbg, blah blah (Mba Winda maksud aku). Jadi pertamanya pola dasar, terus kan ada tingkat-tingkat selanjutnya kaya kalo bikin kemeja buat wanita, lekukannya giut Bu."
"Kuliah dimana ? Udah semester berapa ? Ih engga Mba,, asal udah tau pola dasar nanti bisa ngembangin kok. Liat nih celana, aku jahit sendiri. Caranya ngeblak. Terus sakunya ini gara-gara bingung jadi dibikin disamping aja."
"di Unsoed, fakultas pertanian. Baru masuk Bu hehe. Oh jadi gitu ? Kirain tuh susaaah, lamaa gituuu"
"Ngga lah Mba. Asal bisa ngoperasiin mesih jahit ama tau pola-pola dasar gampang kok."
"Kalo ngoperasiin mesin jahit sih dulu pernah bisa Bu. Tapi zaman kecil, TK-SD gitu"
"Oalah. Ya kapan-kaapan dicoba Mba. Tapi mendingan kuliah dulu aja. Nanti kalo udah semester 4 boleh dicoba."
"Iyasih Bu, jadi maba kegiatannya banyak banget."
"Terus aku saranin ya Mba, jadi reseller aja dulu. ngambil untungnya sedikit-sedikit aja."
"Nah itu udah kepikiran dari dulu-dulu banget. Tapi mentok di modal. Soalnya kalo mau jadi reseller tuh kudu setor sekitar 4 juta dulu."
"Wah jadi reseller kan gratis Mba, tinggal ngejualin punya orang. (nyeritain tentang dropship)"

Terus aku dikasih tau produk-produknya #eh tokonya. Kata Ibunya, beliau juga jualan online dan lumayan. Kayaknya aku kalah gawl deh dibanding Ibunya. Soalnya aku belum main kaskus eh Ibunya udah :v aduh

Terus dari situ tuh aku kaya diprovokasi.. kyaaaaaaa
Sebelumnya aku curhat, 
"Tahun kemarin aku disuruh kuliah Bu, tapi ngga mau. Pengin usaha aja, soalnya kan udah ikut pelatihan-pelatihan bikin kue-kue gitu. Aku minta modal ke Mamaku, mixer yang gede itu, tapi rautnya gimanaa gitu. Beda pas aku kasih pengumuman aku diterima kuliah, ronanya langsung bahagia banget.."

"Yaa semua Orangtua kan pengin anaknya kuliah Mba, biar wawasannya luas, biar dapet kerjanya lebih gampaang gitu. Aku juga Mba, penginnya anakku ya kuliah, harus kuliah. Sekarang kuliah di Jogja."

"Ohh gitu ya.. padahal biaya kuliah ama buat beli mixer mahalan kuliahnya, tapi rela gimanapun nyari uang buat itu."

"Orangtua kan liat  ke depannya Mba, mereka kan inginnya anaknya lebih baik dari Orangtua. ya semua Orangtua kan kaya gitu."

Jadi tau suatu hal lagi.. :')

Aku jadi inget Coki :D Ayuk ah kapan-kapan kalo ada kesempatan ke Solo #eaaaaaaa

Disana tuh kebetulan stocknya lagi sedikit. Warna kain chiffonnya juga cuma beberapa. Tapiii aku dikasih tau tentang kain sama Ibunya. Gramasi, ato apa yahh lupakk. Jadi itu tuh menentukan kualitas dan harga ya pastinya. kemarin yang aku liat itu kain hyget. biasanya murah. tapi kain hyget juga beda-bedaaaaa

dan, aku punya kerudung dengan merk yang terkenal di twitter yang bahannya ceruti (menurutku mirip chiffon) itu walo didobel tapi tetep nerawang, jadinya dikasih furing pake kain hyget. dan kain hg=ygetnya gramasinya ngga rapat, seratnya keliatan banget.. 
Kemarin aku beli 1,5 m sama 1,6 m chffon harganya ngga sampe 50rb, itu bisa buat 1 kerudung bolak-balik biar ngga nerawang :D


 Sekian ah, aku bingung ngungkapinnya lagi. Lama ngga ngepost sih :((
Semoga suatu saat bisa mempelajari kain lagi :)
Masih penasaran ama kain jersey, jetblack, crepe lexus, polyester ama yoris :P

Dewi, 19 tahun, Kawanmuhh #eaaaa

2 komentar: