Pages

Senin, 08 April 2013

Ketika Bus Berbicara


BismiLlaahirrahmaanirrahiym..

Aku mau cerita-in tentang kejadian yang aku dan sekitarku alami di kendaraan umum, khususnya bus. Mungkin beberapa dari kamu juga pernah ngalamin. Tapi, apa salahnya ngebaca tulisan akooh ? Kalo kamu belum tau kan jadi tau.. T^T :hammer:

Ngga papa sih ngga dibaca juga. Yang penting gue nulisin ini dengan mengharap kebermanfaatan. Yeayyy !

Perjuangan Demi Bawang

*melet*

Dulu pertama kali naik bus, aku lulus SMP mau daftar SMA. Sendiriyan miapah.. T^T
Pas udah di dalem bus, aku bingung cara bayarnya gimana.. Turunnya gimana.. Aku aman apa engga disini..
Nah untungnya ada penumpang lain. Ternyata mbayarnya ditarikin ama kernet. Terus turunnya kalo lagi rame ketok-ketok atap bus, kalo ngga langsung berdiri (buat ancang-ancang) dan maju ke depan. Haha akhirnya ogut tauuu Щ(º̩̩́▽º̩̩̀щ)
Abis itu sih sama temen naiknya. Beberapa kali.

Ternyata, yang pas pertama aku naikin itu bus yang mini. Nah yang sama temen aku itu lebih gede. Dulu kaki aku baru nginjek satu, eh bus udah jalan. Jadinya aku heri gitu. Hih

Dan pas itu juga, tanganku yang satu lagi megang botol minuman, yang satu nyari pegangan, didapatilah kursi yang ternyata diduduki bapak-bapak. Dan lu tau ngga ???????? Gue megang telinganya (jadi mungkin keak lagi ngejewer kalik yes) !!! :|
Gue sih ngga sengaja ya. Soalnya busnya jalannya emang ngebuuutttt bedd. Gue minta maaf sambil pasang muka bingung. Temen gue ngetawain..

Abis itu gue kan dapet tempat duduk di seberang kursi yang diduduki bapak tadi. Pegangan kan mau buat duduknya, eh malah rambut orang yang duduk di depan gue terpegang juga (keak lagi ngejambak) -_-
Temen gue bener-bener puas ngetawain gue..

Dalem hati sih gue sebenernya ngikik, pengin banget #facepalm. Dan berharap orang-orang tersebut maklum, gue kan make seragam SMP.. Gue masih kecil, culun banget, mengertilah.. Haha

Ini perjalanan mau ke Diknas Banjarnegara, mau mintak surat rekomendasi soalnya sekolah beda kabupaten. Rempong deh :p
Karena ini perjalanan pertama kali dengan teman yang juga ngga tau jalan, akhirnya nyasar cyiin. Kata kakak, nanti turun di SMK  Cokro yang deket SPBU. Nah gue taunya tuh SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara, ternyata bukan !!!!! Ternyata masih jauh ke timur.. Udah sore.. Waktu itu hampir jam 4 sore kalo ngga salah. Mau lanjut apa pulang. Ternyata cus lanjut dan udah tutup.. Huh.

Sampe di rumah gue ceritain, gue diketawain. Apalagi sebelum naik bus yang ini gue juga udah ngelakuin kekonyolan. Yaitu nunggu bus di depan Diknas Purbalingga dengan tujuan Banjarnegara. Yang sampe nunggu besok berdiri terus pun ngga bakalan nemu, kata Tukang Batagor yang biasa dagang di SMPku (kebetulan lewat). Udah berjam-jam nunggu disitu aaaaaaaaaaa. Harusnya naik angkot dulu, abis itu ada jalur bus. Puluhan angkot tertolak demi nunggu bus yang ternyata ngga ada.. Dan ketika ditunggu-tunggu, jarang banget angkot lewat.. Ada pun penuh sesak.. Giliran bus yang banyak bersliweran. Ini pembalasan kali ya, soalnya berjam-jam nolak angkot yang masih longgwaaar ituh.

Oke fine ! Empat kali kekonyolan dalam sehari :')

Esoknya aku ditinggal temen. Aku nekatin sendiriyan. Di bus aku duduk. Di perjalanan ada bapak-bapak yang duduk di sampingku. Beliau langsung ngeluarin kitab kecil. Yaasin mungkin. Terus nanya-nanya ke aku. Padahal akunya lagi dilanda rasa ngeri. Wateer diculik, wateer dirampok, akooh kan macieeh kechiil  :'|

Sebelum naik bus yang ini, aku ke SMA yang paling banyak didaftar teman SMP. Dan aku nunggu busnya sama temen SMPku yang cerita-cerita kalo Bapaknya beberapa kali kecopetan di bus..
Dan aku jadi inget tayangan-tayangan kriminal di tipihh..

Balik ke bapaknya. Aku dikasih nasihat sama beliau, diceritain kisah beliau dan beliau itu bukan orang jahat.. Namanya Bapak Prijambodo. Pak penilik dari Klampok, tujuannya kalo ngga salah mau ke Diknas. Beliau sama temen ato anak didik beliau gitu.


Di foto yang di kartu pengenalnya beda ama aslinya. Soalnya, kata beliau, dulu beliau kecelakaan ditabrak anak seumuran aku. Abis biaya banyak banget soalnya parah, kaki, tangan dan rahang patah.. Katanya udah pasrah aja mau 'dipanggil' atau gimana.. Jalannya juga udah beda. Beliau punya istri satu dan dua anak, ini kalo aku ngga lupa ya.

Beliau ngasih aku saran kalo sekolah yang bener, jangan nakal dan jangan pacaran. Banyak pacaran yang ngga bener, kalo berkendara yang hati-hati ya..

Beliau cerita katanya istrinya tetep setia walo beliau fisikly udah ngga kaya dulu. Dan katanya di calon SMA aku sekolah, ada guru yang *****in muridnya hihi

Dan lain-lain, sayangnya gue lupa. Berhubung pas itu udah deket sekolah juga (gue ngga hafal) jadi gue tanya ke Pak Pri, aku disuruh maju ke kernet. Gue bilang "SMA, Pak"
Dan gue diturunin agak jauh dari sekolah. Dan disana adalah komplek pertokoan gitu. Banyak banget orang, cowok-cowok, gue sendiriyan. Ih rasanya pengin #facepalm lagi :'( Grrrrr

Semangat Pak Pri boleh ditiru banget banget ! Karena dengan kondisi fisik yang seperti itu, beliau tetap PD. Ngga rempong keak elu-elu pade ! *heh* *ngajak tawur* *kabur* *aku cinta damai*
Semangat untuk sembuh, untuk tetap maju !

Tetetetetetetetetetetetetetet

Gue masuk SMA !
Dan, mau ngga mau gue harus ngebus. Gue ngga ada temen dari SMP, jadi gue harus berani sendiriyan. Karena ngojek mehelll. Ngebus enam hari seminggu. Wow banget Qq..
Dan gue juga ngga nyangka kalo ngebus pagi-pagi itu bakalan berebut ampe pada gelantungan di pintu.. Desak-desakan.. Seakan bus itu mau nyampein sesuatu ke gue, "hey bocah, ini bus, lebih sumpek daripada angkot yang lo tumpangin pas SMP ! Lo harus muv on !!"

Gue bengong liat bus bisa bilang begitu.. #eh

*poker face ala Derp*

Nah yang mengkhawatirkan adalah kalo pulang sekolah. Aku masih tetap sendiriyan kan, soalnya aku ngga pandai bergawl, akuh kalem, introvert ngga kaaffah.... Beberapa hari kalo pulang sekolah aku mencoba kuat ! Aku ngga mau kalah dengan kebingunganku pada jurusan bus !! Lol :v

Di bus, aku pernah dapet di barisan belakang pas pulang sekolah. Ada kakek-kakek yang duduk, terus ngajak gue salaman. Gue senyumin aja deh, hormat ama yang sepuh. Nah gue kan berdiri, dan tangan gue megang kursi di depannya kakek-kakek itu biar gue ngga jatuh gara-gara busnya belok kek, ngerem kek ato apa kek. Eh tiba-tiba tangan gue dipegang. Ih gue langsung loncat-loncat aja geser ke depan. Hih !!

Lagi, dulu gue dapet di barisan tengah dan ada kakek-kakek di depan gue. Gue rasa kakek-kakek genit yang dulu. Karena jarak yang dekat, akhirnya gue mojok ke belakang sambil liat gerak-gerik si kakek. Bener aja !!!!! Anak-anak sekolahan sama anak kecil di sampingnya jadi korban !!!!

Kakek itu sering gue liat kalo gue pulang sekolah. Dan karena dirasa sudah cukup berpengalaman, gue ceritain ke temen-temen sekolah yang sejurusan. Ternyata iya, bukan cuma gue yang ngerasa dan ngeliyat !

Dan temen gue yang rumahnya lebih jauh dari gue, biasanya parno banget. Soalnya kalo mantemannya udah turun dari bus, dia belum. Dan apalagi kalo ada kakek-kakek genit itu. Pernah dulu satu bus gitu, dianya curhat watir diapa-apain. Soalnya kernetnya juga diem aja sih. Tapi untungnya ada penumpang lain, wanita umur dua puluhan sama adiknya yang masih SD. Nah adiknya itu jadi korban, kakaknya marah-marahin si oknum. Temen gue aman.

AstaghfiruLlaah.. :'(

Masih tentang genit yang nyebelin, sebenernya ada lebih dari satu kernet yang genit. Dulu gue pernah di dalem bus berangkat sekolah dengan kondisi normal (umpel-umpelan ra nggenah) dan si kernet keliling narikin uang. Gue ada di gerombolan siswi-siswi ya. Kernetnya tuh nggodain siswi sekolah X yang menjadikan ruangan terasa sempit. Padahal bodi kernetnya tuh gendut ! Dah gue ntar tambah kurus gimana dah :(

Herannya, ada aja yang mau digenitin.. Ngga habis pikir. Itu kan jadinya kernetnya ngga pergi-pergi.. Kalo pergi kan ngga sesempit ini..

Pernah juga dulu gue abis ekskul pulang sore banget. Ujan.. Nunggu bus lama, ada eh tapi penuuh.. Gue sama temen gue aja kan berdua. Yaudahlah, daripada nunggu yang ngga pasti.. Temen gue naik duluan dengan kondisi bus yang penuh dan bau itu, di pintu belakang. Gue liat ada kakek-kakek pake jaket item  yang keak preman dan dapet kesempatan dalam kesempitan ke temen gue :'(
Gue langsung parnoo banget.. Gue bilang refleks "awas! Awas!" sambil muka tegang, kesel, marah dan mata jelalatan. Hihhhhhhh

Ada-ada aja orang begitu ya Allaah.. :'( ngga menghargai banget ama wanitaaaa :'( aku mau bus khusus wanitaaaaaaaaaa !!!!

Pernah juga, pas berangkat sekolah udah nunggu dari pagi ngga aada bus maupun bus mini yang mau berenti. Udah siang kan.. Ada bus, aku rebutan naik. Aku dapet berdiri di deket pintu :((
Desak-desakan.. Ya Allaah.. Ampuni aku.. Soalnya ada laki-laki bukan anak sekolahan yang ada di deket situ, dan dari gerak-geriknya bakal kaya kakek-kakek di atas.. Gue benci, gue marah. Tampang gue bener-bener ngga normal. Gue ngga mau. Tapi gue ngga bisa geser.. Gue mau nangis, udah mau keluar. Perjalanan masih jauh, sekolah pertama yang biasa diberentiin juga masih jauh..

Jadi gini, dulu dari tempat aku dan kebanyakan anak sekolah di Banjarnegara nunggu ya situ. Biasanya anak SMA/SMK/MA/MAN yang naik, anak SMP/MTs jarang. Ada sekolah yang paling deket, tapi biasanya sedikit. Soalnya di sekolah itu masuknya juga lebih siang. Sekolah kedua itu SMK 2. Nah sekolahku sekolah ketiga dari barat. Waktu tempuh dari SMK ke sekolahku pake bus biasanya lima menit. Dan dari tempat gue ngetem tiga puluh menit.

Lanjut paragraf sebelumnya, ada bapak-bapak yang duduk paling depan dan kelihatannya liat gerak-gerik gue. Mungkin bapak itu tau perasaan gue sebagai wanita. Apalagi kadang gue bilang "ih" dan manyun kalo ada pergerakan yang ngga gue suka. Ketauan !! Bapak tadi turun di SMK 2, mungkin guru disana. Dan tempat duduknya dikasih ke gue hehe

Dulu gue ikut kajian di rumah alumni, lokasi di Banjarnegara kota (dari sekolah gue ke timur lagi, mayan jawh). Pas pulang gue naik bus yang kecil bareng manteman. Kita dapet duduk dong, di tengah. Bangku penumpang ada tiga lapis. Udah ada anak sekolahan duduk di belakang kita, cowo-cowo. Dan pas di pabrik idep (gue nyebutnya), ada karyawatinya pada naik. Jalan deh.. Di jalan sih gue cerita-cerita ama main henpi aja. Ampe diem. Dan, gue terbelalak ketika denger obrolan para karyawati itu..

"nek urung meteng ya ra bakal olih mbojo nang wong tuane, hahaha"
(kalo belum hamil ya ngga bakal boleh ***** sama orangtua, hahaha) << yang gue dapet, ***** kalo udah hamil, biar direstui. Heh, maksudnya ? :/
Ato tradisi tunangan diganti dengan hamilan ?! :\

Itu kata-kata yang paling bikin gue dan temen gue kaget. Abis itu kita saling berpandangan dengan mengernyitkan dahi. Ternyata anak sekolah cowo di belakang gue liat. Dan salah satu dari mereka bilang, "kepengin be.. Sok suci banget."

Ihhhh. Dalem ati sebenernya gue panas ya. Gue manyun. Soalnya gue ngga ngerasa kaya gitu. Dan gue juga kasian sih ama mereka. Kasian banget !! Seketika gue liat ke belakang dengan tampang ngga sante. Gue tau mereka anak sekolah mana, dari bet seragam.

Sekolahnya ada di barat, lebih ke barat daripada pas mereka naik (mereka naik duluan dari aku). Haha. Hih

Gue kasian ama mbak-mbak karyawati juga mas-mas anak sekolahan itu.. Apakah zina udah sedemikian ngetren, sehingga dosa besarnya diabai ?? Mending sok suci daripada sok gawl sok bejadhhh :v

Di kajian keakhwatan Jumat sekolah, yang telah lama tiada :(, dulu dikasih tentang zina sesungguhnya. Dosanya gede banget.. Dirajam 100 kali.. Kalo yang dah ***** malah ampe matek.. Mendekati zina aja ngga boleh apalagi melakukannya.. Dan di kajian itu, kalo zina dan ingin tawbat, bisa tanpa dirajam. Asal diam-diam dan benar-benar bertawbat !!!!
WaLlaahu a'lam

Hey kaliaaaaan !!!! :'(

Tapi, mungkin ini ngga sepenuhnya salah kalian ya, berpikir seperti itu.. Tapi kalian juga ngga aku benerin sih. Ngga usah kepedean. Tapi kalo lo mau berubah lebih baik harus pede ya.

Masa di kota Banjarnegara, yang ngga segede Purwokerto lah, anggap saja.. Udah kaya gitu. Apalagi di kota besar ya ????????
Nah gue jadi inget, dulu kelas XI aku dapet tempat duduk di belakang sendiri bareng Diana, Ayas dan Riska kalo ngga salah ya. Depan gue jelas, umpel-umpelan ra nggenah, wayahe cah sekolah pada mangkat si :D
Di depan gue ada sepasang anak sekolahan duduk bareng yang tempat duduknya emang cuma dua itu. Miapaaaaaahhhh plekkkk di depan gueeeee !!!!!!!!

Lu tau ngga mereka ngapain ?!???!!! Deket banget geelaak kepalanyaaaa. Dan, haha !!! Gue foto !! :p
Walo hasilnya agak burem ya, soalnya dulu aku hapenya kameranya VGA aja. Tapi mayan lah, cuma ngga dapet momen pas mereka palanya dekettt banget yang keak berhadapan. Lol. 
Tuh, lagi tuh. Di bus aja mereka anak sekolahan pada berani keak gitu.. Karena sesudah itu gue sering sebus bareng ama si cewe, gue jadi tau kalo dia seangkatan ama gue.
kaannn,, gue di belakangnya persis kan,.. tadinya cewenya ngadep kiri, cowonya kaya gitu. ciyus :v



*feel like a maddam*

Dan karena gue juga anak sekolahan, gue juga tau kok kalo di sekolah kita-kita ngga diajarin buat jangan berlaku memalukan keak gitu di tempat umum. Soalnya kita dapetnya ya pelajaran yang sesuai kurikulum aja.. Syududuuddddd

Ngomongin sekolah, gue jadi inget cerita Bu Yuni. Dulu beliau kan ngebus, ada dua cewe yang katanya pake pakean adiknya (baca:ketat banget). Gara-gara itu kernetnya melototin terus >.<
Dan pas kedua cewe itu turun, si kernet dengan sengaja memajukan tangannya di pintu bus dengan niatan untuk menyentuh bagian menonjol si cewe tadi, dan kena !!!!!! Cewenya diem aja serasa ngga ada apa-apa..

Sebegitukah ?.. :'((

Kemudian Bu Yuni bilangin biar kita sebagai wanita ya harusnya jaga diri, jaga kehormatan diri dimanapun, terlebih di tempat yang bisa membahayakan. Pake pakean yang sopan. Oke, untuk Bu Yuni ini pengecualian dari paragraf yang gue bold berwarna merah di atas. Dan gue suka guru yang kaya Bu Yuni, guru Bahasa Indonesiaku :)

Dan ini, pas bulan Ramadhan aku pulang dari rumah alumni, belajar Tahsin ama Mba Ave dan Mba Muslimah (semoga Allaah merahmati mereka -aamiin-). Bareng temen-temen juga. Tapi aku pulangnya udah beda, aku ke kos. Yang sayangnya aku ngga hafal-hafal padahal udah beberapa kali lewat. Kebiasaannnnnnn :'|

Aku naik udah ada bapak-bapak duduk di bangku paling belakang. Yuno.. Lagi ngerokok !!!! Jendela bus juga ngga dibuka dan gue tepat di depannya !!! Hihhhh =((
Dalem ati gue udah ngga karuan banget.. Gue ngga suka kebangetan ama asep rokok. Apalagi di kendaraan umum.. APALAGI BULAN RAMADHAAAN !!! Ngga shoum, Pak ??? Ato bukan Muslim ?? Tapi plis..hargai kami yang pengin bernafas sehat !!!

Gue sumpel hidung pake khimar (kerudung) aku dan tampang ngga suka kalo ada rokok. Sesekali terdengar kata "bau" dariku. Juga dengan gerakan tangan yang mengipas-ngipas di depan hidung. Mungkin bapak-bapak itu tau, tapi teteeeep aaja.. Aku udah mulai mau turun. Aku mintak temenku nyetop dimana aku harus berenti haha. Dan aku kebablasan mayan jauh. Dan "yaaah" dari mulutku

Pas gue turun, terdengar bapak itu ngatain gue -____-
yaudahlah Pak. Toh gue udah turun. Babay !
Tapi emang ngga cuma sekali itu sih. Banyaaak !! Banyak orang yang ngerokok di dalem bus walo jendela bus tertutup. Egois banget :((


Kejadian di bus tuh emang macem-macem banget !!! Tapi kok gue nyeritainnya yang jelek-jelek doang sik ?!???!!!! hihi

Namanya juga Perjuangan ! Perjuangan demi Bawang. Bawang, sekolah gue ! :p

Tapi sih di bus ngga selamanya penuh perjuangan keak di atas. Dulu aku pernah berdiri di bus bareng Bu Widi (Guru Bahasa Inggris kelas X ama XI) dan aku dibayarin :D alhamduliLlah, terima kasih ya Bu.. Semoga rezekinya diberkahi Allaah.. -aamiin-

Dan pernah juga kok gue moto anak sekolah sebelah yang tidur di bus :p
Dulu pas aku duduk bareng Qorina. Kirain tuh anak mana gitu ya abis aku jailin. Ternyata turunnya bareng. Doh was-was doh :p


gue tutupin mukanya ya :D


Sebagai bonus, gue ceritain ngangkotnya gue zaman SMP yes ! :p

Zaman SMP dulu tuh hampir sama kaya pas SMA, sendiri, walo sebenernya ada dua anak yang satu SD. Tapi beda kelas dan aku kehilangan mereka. Mau nyari dimana pun aku tak kuasa. Bener-bener malu. Apalagi ya dulu pas pembagian kelas aku dateng telat haha. Pas udah di kelas terakhir, gue baru dateng -__-

Nah kalo baru masuk sekolah biasanya ada Persami (perkemahan sabtu-minggu) kan ? Dulu buat persiapan Persami kita dipulangin lebih awal. Bingung gue bingung gue bingung gimana caranya gue pulang.. Ngga ada yang bakal gue tanyain.. Zaman itu gue belum punya hape.. Akhirnya gue naik angkot yang ada di depan sekolah sambil tanya "ini turun dimana, Pak?"

Bapaknya jawab, "di *******" (jauh dari rumahku) tapi tetep aja aku naikin -,-*
Pas turun, tanpa rasa bersalah gue pun jalan kaki. Niatnya sampe pertigaan gitu aja sambil nunggu angkot yang menuju ke rumah.. Di jalan ada bapak-bapak yang ngasih tumpangan, dengan naifnya gue tolak ! Padahal galau menerpa..
Pas udah di pertigaan, ternyata kakiku terus berjalan. Sambil terus melihat ke belakang kalau-kalau ada angkot. Laaaamaa..

Ini nih, ngelewatin rumah-rumah orang. Gue harus bisa nahan rasa malu ! Anak pake seragam SD jalan sendiriyan jauh dari rumah :( lol
Udah hampir setengah perjalanan, tetep ngga ada angkot. Udah pasrah.. Mungkin harus seperti ini. Yaelah dew, jarak yang lo tempuh pake sepeda aja lo ogah dan lo harus nempuh pake kaki berjalan ?! Hahahaha

Taraaa !!!
Angkootttt !!! Tinggal seperempat jalan !!! :v
Pas di rumah gue dibilangin, kalo mau pulang jangan pake angkot itu, tapi ini.. Haha

Semakin tua, gue semakin berteman. Jadi kalo pulang gue bareng teman ;)
Walau bareng teman, ternyata rumah gue tetep yang paling jauh. Jadi kadang tinggal gue sendiriyan ato sama anak-anak SMK. Dan ngga jarang pula gue yang berpakaian seperti wanita sendiri..

Untuk penghuni angkot sih ngga kaya penghuni bus zaman aku SMA yang horor-horor yaa, tapi ini supirnya yang horor !!! Dulu gue pernah diturunin di tempat yang ngga semestinya karena kegenitan si supir yang mau nganter mbak-mbak SMK yang lagi hujan. Padahal rumah gue masih disana.. Dengan senyum getir dan rasa mbuh-mbuhan gue jalan kaki ngelewatin rumah-rumah orang di desa. Heyy, gue jarang banget nampakkin muka di depan banyak rumah kaya begitu !! :(((

Pernah juga gue diomelin ama supir gara-gara supir nganter orang dari pasar yang maunya dianter sampe rumahnya. Rumahnya nanggung, soalnya dari jalan raya tuh masuk dan kata si sopir angkot tuh ngga boleh balik arah. Gue diomelin apa gitu ya tapi gue sih poker face.

Sama supir yang sama dengan kejadian yang sama. Gue diturunin kejauhan. Yang gue harus jalan berjarak untuk gue sampe rumah. Makasih banget !

Pas di jalan ada mas-mas yang nawarin bonceng, tapi gue tolak seperti biasa, padahal kalo kenal sih mau :D


FYI, gue SMP-SMA hobby telat :')

Oke oke, terserah apa aja deh yang kamu dapet ya..
Gue cuma ingin ada kendaraan umum khusus wanita..

Dan untuk orangtua, bener-bener harus hati-hati sekarang ya. Melihat banyaknya kasus kriminal di kendaraan umum. Khususnya wanita. Jaga busananya. Ngapain sih berbusana mini pake kendaraan umum. Buat supir ato kernetnya hah ?
Dulu gue pernah liat soalnya ada anak sekolahan bedaknya tebel banget, pipinya ada merah-merahnya, bibirnya merah keak yang di iklan TV. buat sapaah ??

Sekian.

(Dewi, masih delapan belas tahun, belum tua)

3 komentar:

  1. *ngakak*...antara ketawa, miris, kasian, kagu....semuanya jadi satu.jalan ceritanya panjaaaaaang beeeuuuuddd, alhamdulillah mb eno ndak pernah mengalami kejadian2 kayak gitu heh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Enoo :p moga aja engga ya Mba, aku aja ngga mau lagi kok :D

      Hapus
  2. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    BalasHapus