Pages

Jumat, 05 Oktober 2012

Iseng, Berbagi, Nulis, Ketagihan dan Juara..


“Ilmu itu seperti kuda liar, ia bisa lari kapan saja. Maka ikatlah Ilmu dengan cara menulisnya.”
kata-kata yang disampaikan Mbak Harni sewaktu aku mengikuti kajian keakhwatan di sekolah, saat aku masih berada di ‘zaman jahiliyah’. Kata-kata seperti itu asing untuk seorang bocah yang newbie sepertiku, tapi terasa begitu.. indah.. :')
Karena itu, aku langsung menuliskannya di buku tulis pelajaran keterampilan komputerku. :D

Kata itu terus terngiang disini *nunjuk kepala & hati*. Dan aku pun berinisiatif untuk menuliskan semua ilmu yang aku dapat. Karena aku merasa apa yang aku dapat berharga bahkan teramat sangat berharga, dan teman-temanku, semua orang, aku ingin mereka tau apa yang ku tau jua. Aku memulai dari menulis coretan di buku, kemudian di facebook, ke notes facebook, ke twitter. Kemudian membuat  grup facebook. Berlanjut ke blog pribadi. Begitulah, sampai sekarang. Hehe, mungkin semua ilmu yang aku dapat itu ngga terlalu ‘mengagetkan’ untuk yang sudah faqih, tapi.. Aku yakin, ilmu itu sangat mengagetkan untuk para newbiers #eaaa
*gw norak ngga sih??* --"



#FYI, ternyata coretanku dibuku pernah dibaca beberapa teman :'D

Berbagilah. Kalau belum punya hal spesial untuk dibagikan, maka berbagilah dengan tulisan untuk berbagi, menginspirasi.

Dulu facebook lagi marak, aku bikin deh tuh grup facebook. Niatnya buat nampung ilmunya, dan temen-temenku aku gabungin ke grup itu. Biar facebooknya bermanfaat lah. Soalnya aku tau, mereka ngga bakalan sering-sering ke kajian. Yang seminggu sekali aja ngga pada istiqomah dengan berbagai alasan :D

Terus, apa hubungannya bikin grup ke nulis dew??
:P
heheh, jadi gara-gara bikin grup itu kan ada teman yang share berita/artikel juga, jadinya kan banyak bacaan. Lama-lama tangan ini gatel juga kan pengin nulis. Nulis dari apa yang aku baca dan apa yang ada di kenyataan inih ;p
Nulis status facebook misalnya. Kalo copas aja, rasanya kan gimana ya.. Walo ngga buruk. Tapi coba bikin yang kreasi sendiri deh. Lebih mengena dan sampai sini juga ;)

Suatu hal besar dimulai dari hal kecil. Pohon yang besar pasti berawal dari kecil. Begitu juga dengan tulisan. Tidak harus langsung bagus. Bisa saja tulisan awal kita menulis adalah sesi pengalaman dan terkesan abal-abal. Hehe

Dengan menulis, kita bisa membaca tulisan kita kapanpun. Karena manusia kan kadang bisa saja jadi pelupa. Dengan itu jadi bisa inget lagi deh ;)

Awal Mula Ngeblog

sebenernya awal mulanya dulu aku kelas X SMA (2010) gara-gara aku ikutan acara kewirausahaan di sekolah. Sekali ikut, saat itu pula aku bikin blog yang ngga terisi. Diisi dikit, kopasan. Lama banget aku anggurin. Sampe gara-gara di grup facebook itu, Bro Naufal bikin blog. Lama-lama aku pengin juga. Akhirnya aku pengin lagi. Bikin deh.. Di bulan Juni 2011 :)

Awal-awal tentu aja isinya curhatan, copasan -__- pffft
Lama-lama, alhamduliLlah ada kreasi sendiri. Mengirim dua tulisan dan dimuat semua :D Karena ini, aku ingin nulis terus.
Dan ada satu curhatanku yang dicatut di fimadani sama arrahmah :V

Aku membuat tulisan jika aku benar-benar merasa terdesak. Terdesak itu, kepanasan. Kepanasan itu, sila dipikir sendiri. Ya pokoknya itu hasil dari apa yang aku tau dan fenomena yang terjadi di sekitarku. Karena kebetulan aku sepu-sepu, sekolah pulang sekolah pulang, jadi hanya sedikit fenomena yang terambil. #halah :D
Bukan hanya saat kepanasan, ternyata juga saat rasa bahagia datang :)


Mungkin kalo yang sering pergi-pergi apa ngga melulu di rumah, bakal lebih banyak ide buat nulis daripada sayah yang selalu saja di rumah dan sekolah, sickolah.. #eh :'D

Dan tahukah kamu, pelajaran agama Islam yang dua jam di sekolah juga ngga membuatku puas. Kajian yang hanya seminggu sekali juga ngga, wong cuma dari jam 11.15 sampe 12.15. Kurang pake kebangetan. Makanya aku ambil dari buku (pinjem perpus) dan internet. Kebanyakan dari internet ;p
#FYI, kajian itu hanya sampai aku kelas XI. Kelas XII, aku dan kami benar-benar melenggang bebas. Dan pas pelajaran agama, satu jam terakhir aku baru masuk kelas :V
*tolong jangan bilang mamaku*

Akkuh, akkuh cedyh.. (︸―︸)
karena tentu aja aku masih ingin banyak belajar, tapi ternyata mandeg gitu aja T^T
Akkuh.. *tiduran di rel*

Itu berarti, kamu yang lebih beruntung dariku, yang sekolah di Madrasah atau Pesantren, punya MR, ada kajian rutin, deket perpustakaan yang lengkap, punya banyak uang buat beli buku, harusnya bisa lebih banyak nulis ya ;D
*korek mana korek*

niatkan kamu nulis untuk bocah-bocah kaya aku. Yang emang bener-bener kehausan ilmu. Karena ilmu ngga cukup dengan minum susu..

Memaksimalkan Gadget
Aku tau kenapa dulu blog pertamaku ngga terisi. Salah satunya adalah gadget. Dulu aku pake hape butut yang ngga bisa nampung banyak tulisan, ngga ada fitur officenya. 2600c #kode
Kelas XI aku rela ngga ikut study tour ke Bali demi punya ‘hape bagus’. Aku dikasih e71, AlhamduliLlaah ;)
hehe

Aku mikir, kalo ke Bali. Seneng-senengnya berapa jam aja. Paling kenang-kenangannya foto di Bali sama teman-teman.. Aku kan ngga suka foto. Ah, ke Bali bisa kapan-kapan kalo aku mau, dan uangnya ngga minta ke orang tua.

oke, cerita ini dulu ya.
Dari kelas X, kita udah dikomporin buat ikut study tour. Nabung dulu katanya, kata Pak Guru Matematika. Katanya kalo ngga ikut nanti kasiyan pas pulang. Temen-temennya pada cerita tentang Bali, yang ngga ikut cuma melongo :D

Ternyata itu ngga mempan buatku -_-
Dulu ke Bali kalo ngga salah Rp 700.000. Belum uang sakunya. Bisa satu juta lebih hanya untuk tiga hari. Yakali ah menurutku itu mahal. Dan karena aku emang lagi ngebet pengin ‘hape canggih’ ya udah aku relain tuh Bali :') bubye. Hape kan ngga cuma buat tiga hari, dan kenang-kenangan di hape ini ngga ngalahin kenang-kenangan yang di Bali kok :D
Dan terbukti.. :)

Momen ? Bodoamat :p
Kalo ke Bali pun, palingan kan kita ngumpulnya sama ceman sekelas. Dan ternyata, saat sebelum dan sesudah UN, aku dapet momen itu sama cemans ;)

See, pas mereka pada pulang. Ceritanya ngga terlalu menarik. Katanya pada kecapekan :D
Ada yang ngga sadar abis duit banyak :V
Ceritanya yang ‘keliatan’ agak asyik cuma pas di tempat belanjaan aja. Helaah.. Kecil-kecil udah suka belanja yahh :D
dan ini nih.. yang di sekolahnya berkerudung, pada dilepas gitu aja and you knoooooo,,, pake hotpen >,<
aku liat potonya aaaaaaaaaak >,<
Jadi ke Bali itu bukan sekadar study tour, tapi..tapi..tapi.. fesyen show sama pamer awraaaatttt *pengsan*
Katanya sih itu emang dari dulu kaya gitu. Guru-guru jua udah ada yang bilang sama ngingetin. Tapi emang dasar anak zaman sekarang yes.

Untuk mendapat sesuatu yang aku ingin, kadang aku harus merelakan sesuatu yang lain. Yang tidak penting, walau menurut mereka penting ;)

Oke. Aku ngga nyesel bener-bener ngga nyesel ngga ikut ke Bali ;)
Selain karena dapat henpong ini, jua karena cerita di atas ;)
Dengan hape ini aku bisa bertemu dengan banyak manusia-manusia hebat dari dunia maya, mengenal mereka, membuat tulisan, menyimpan kenangan #halah.. Dan, aku bahagia mengenal kamu. Iya, kamu :'J #kode (' ',)

alhamduliLlah.. AlhamduliLlah 'ala kulli hal

Hampir semua curhatanku di blog, aku ketik pake hape ini, kecuali yang Pelajaran dari @Poconggg. Dan sebelum Kakak beli notebook dulu, setelah tulisan selesai, aku copas buat dikirim ke emailku. Kalo ada kesempatan ke warnet, aku buka email dan copas tulisannya ke blog. Makanya di postingan yang dulu, tulisannya agak semrawut dan ngga rapi. Soalnya copas dari email tanpa dirapikan dulu  :D

Sekarang AlhamduliLlah sudah ada notebook, aku tetep nulis pake hape ini (soalnya naro notebook di perut lama-lama berat jua, gw nulis sambil rebahan biasanya pake hp :v), Tapi berkat notebook cara pengeposan menjadi lebih mudah. Terima kasih notebook. #terTongFang
Jadi, abis selese diketik di hape, aku pindahin ke notebook, diedit-edit biar ganteng >> flashdisk >> menuju warnet >> dipostkan >> tulisan lebih indah dan wangi #eh rapi sehingga nyaman untuk dibaca ξ\(ˇ▽ˇ)/ξ

Memanfaatkan Social Media
bohong adalah ketika aku mengatakan tak ada unsur kepoconggg-an dan ke-socmed-an di tulisanku. Karena seringnya aku gentayangan di dunia kicau, bertemulah aku dengan @Poconggg dan akun-akun lain dengan bahasa tulis khas socmed. Pernah baca *joget sambil kayang* *duduk di genteng* *tiduran di rel* dan lain-lain, kan ??? Nah, menurutku itu bahasa socmed yang ternyata lucu dan waw juga :D

Pernah baca blog @Poconggg ???
Karena @Poconggg memang ditujukan untuk humor, pasti tulisan-tulisannya memang untuk lucu-lucuan. Tapi dibalik kelucuan itu, ada pesan di akhir. Pesan-pesan yang disampaikan dengan bahasa ajaib dan ringan itu lebih mengena. Dan aku berpikir, "bagaimana kalau aku menulis menggunakan bahasa socmed tapi tentang agama.."

kenapa menggunakan bahasa socmed?
Karena bahasa socmed ringan dan mudah dimengerti, juga lebih terkesan santai. Santai tapi tidak main-main. Serius tapi santai. Tujuannya agar lebih mudah dimakan, karena lebih ditujukan untuk para remaja :)
AlhamduliLlah, bisa..dan diterima :)

Perjalanan Memang Tidak Mulus..
Iya, memang. Tentu akan ada orang yang tidak suka dengan kita..dan hambatan-hambatan lain seperti ke(sok)sibukan dan kegundahan hati.

Karena seringnya menulis dengan hp, mamaku mengira aku hanya main-main. Padahal kan..cuma kadang doang :v

Kritik dan saran juga pasti ada :)

Pernah saat benar-benar terpuruk, adaaaa saja angin segar datang. Bisa karena baca blog orang lain dan teman. Dulu aku pernah di sms oleh teman seangkatan, "dewi, aku pengin kaya kamu. Kayaknya kamu ngerti tentang palestina gitu. Ajarin aku wi."
maaf, tanpa bermaksud riya'.

Dengan sms itu, sebenarnya aku ada rasa bahagianya. Kenapa?
Ternyata tulisan-tulisanku (walau disebar lewat sms dan status facebook) bermanfaat. Setidaknya untuk temanku itu.
Tapi ada rasa ngga sukanya. Karena setelah aku melihat diriku lebih dalam, pengetahuanku masih sangat sedikit. Dan, ternyata masih ada yang belum tau apa yang aku tau.. Aku harus..ini itu.

Pernah juga, saat kepercayaan diri kian menipis, ada seseorang 'mengajakku' menulis. Aku bersedia, dan kepercayaan diri kembali ada :)

Dalam tiap kesulitan itu ada kemudahan :)
terima kasih ya :)

Bangkit..
Cita-citaku menjadi penulis buku yang bermanfaat untuk orang banyak dalam hal kebaikan. Iyups, akhirnya kata-kata itu terucap kembali :')

Bulan July 2012 lalu, aku mengikuti sayembara penulisan untuk Palestina. Aku dapat info itu dari sebuah postingan di grup fb. "Aku mau ikut !"
Jujur saja, aku tertarik banget sama hadiahnya yang juara utama itu. Umrah dan ke Masjid Al Aqsha+uang 5juta :D
Al Aqsha.. Siapa sih yang ngga ingin kesana ??????
Ada sih, tapi bukan aku ;p

Sebenarnya waktu ada cukup. Tapi..karena aku malas atau apa jadi waktu sudah mepet baru digarap lagi --" ini juga karena diingatkan biar digarap :'D
minimal lima halaman, dan aku baru membuat tiga halaman. Balapan sama waktu deh ;p
Dalam sehari, dari tiga halaman itu jadi 20an halaman. ALlaahu Akbar !

dedlen, saat itu juga aku mengirimnya. Terakhiran :D
Sebelumnya aku poskan dulu ke blog pribadi, alghuraba.net dan aku kirim ke MuslimDaily.net. Ternyata aku ngirim tanpa judul ke MD, eh dikasih judul sama Om Zak yang akhirnya aku pakai buat judul tulisanku :D

aku ke warnet siang, niat mau ngirim siang. Tapi karena Om Zak sibuk, jadi belum bisa diaplot ke MD. Belum jadi deh. Baru abis maghrib, tayang. Dan abis itu aku kirim ke panitia sayembara :')

Saat ngirim sent, baru keingett kalo ternyata di attachment itu belum dikasih judul \:O/


Dalam hati sebenarnya ada rasa pesimis. "Kayaknya bakal ada yang lebih bagus dari ini deh..", "kayaknya yang ikut sayembara ini bukan anak nakal kaya aku deh..", dan lain-lain. Tapi, aku berharap tinggi kepadaNya. Aku meminta kepadaNya..

"Kalau tidak juara, yang penting artikelku dipampang di elqudsconference.com dan dibaca banyak orang !"

Beberapa kawan mengatakan kepadaku, "juara itu bonus." :)

sudah tanggal 4 Juli, aku belum dapat sms.. Aku mengatakan ke seseorang, "kayaknya aku ngga juara deh.."

"kenapa?"

"ini udah tanggal 4, pengumuman pemenang tanggal 5. Dan pemenang kan diharap hadir di acara penutupan."

ya sudahlah..

Besoknya sekitar jam 11 aku dapat sms kalau aku juara 2 kategori pelajar !!! Hahahaha :D
Ngga nyangkaaaaa

AlhamduliLlaah..walau tidak juara utama. Dengan itu aku jadi bisa punya alasan ke mama kenapa aku sering pegang hp ;p

Pas aku liat nama-nama yang juara, ternyata juaranya itu kalo ngga salah seorang jurnalis. Terus yang kategori umum & mahasiswa tuh ada dari pengasuh pesantren dan lain-lain, judulnya juga bagus-bagus. Ya pantas saja.. Miapah :|D

untuk yang kategori pelajar, juara 1 dan 3 dari sekolah di Bandung. Lupa namanya, tapi satu sekolahan. Sepertinya sekolah Islam swasta. Hari itu aku norak :)

 Aslkm.kami dri panitia "sayembara penulisan artikel palestina" mengundang sdr/i untk hadir pd acara pentupan "international conference for the freedom Al-quds and palestine" pda kamis, 5 juli 2012, pkul 11.30 wib di hotel Savoy homann, Bandung.sebagai nominator pemenang.
Tks.panpel sayembara.

mohon maklum ya, ini kali pertama ikut lomba dan juara :'D

tapi sih, semangat nulis ini juga ada dari seseorang yang nanyain dan ngasih saran. Makasih ya :))

---------------------------------------------------

Nulis. Menurut gw itu pekerjaan yang ngga gampang tapi ngga susah :D
Nulis itu fokus. Dan karena nulis, aku jadi banyak membaca. Karena kalau nulis tema tertentu, biasanya aku sambil gugling, dan dari itu banyak hal yang belum aku baca sebelumnya jadi terbaca :D

Saat nulis, itu melakukan dua pekerjaan. Nulis juga baca. Diulang-ulang juga bacanya :D

Nulis itu bukan keterkenalan yang dimau, tapi kemanfaatan untuk sekitar :)


*to be continued


(Dewi, 18 tahun, bocaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah)

10 komentar:

  1. dedeeeeeeeewwww....keren. ntar mau nulis juga asam mula ngeblog ah hehehehehe. tp blog mb masih jd tempat mb curhat...heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulis aja,, bisa pengalaman :D *kata Kek Jamil #eaaaa

      Hapus
  2. kamu juara dew? O.O

    saya mengajak blogwalking selalu dengan para blogger :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. AlhamduliLlah iya yang dulu :D

      Apaan blogwalking ? O_o

      Hapus
  3. ini anak kok belum update2 ya -__-

    BalasHapus
  4. kita tunggu update'an selanjutnya aja ze! haha

    BalasHapus
  5. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    BalasHapus