Pages

Selasa, 26 Juni 2012

Tanggung Jawab akan Mimpi dan Visi


Mimpi, cita, asa, harapan, visi. Apa bedanya? Sekilas seperti sama ya.. Aku pun susah membedakannya. Kecuali mimpi, visi dan harapan. Cita dan asa mungkin mirip ya.

Mimpi, adalah hal yang ingin kita dapatkan untuk waktu yang singkat dan kemungkinannya bener-bener kemungkinan. Mungkin sih. Misalnya, aku bermimpi ingin memiliki mobil terbaru. Aku ingin pergi ke Segitiga Bermuda. Aku ingin kamu.. #eh

Visi, adalah hal yang ingin kita dapatkan dan kita memiliki action plan untuk itu. Misalnya, tahun ini aku harus kuliah. Tahun ini aku harus bisa membiayai hidupku sendiri. Tahun 2014 aku berusaha melepas masa single.. #eh

Tanpa mimpi, takkan ada visi..

Harapan, adalah hal yang ingin kita dapat yang sebelumnya kita sudah berusaha maksimal untuk mendapatkannya. Ini kata aku liat di blog Sahabat, aku comot aja ya :)
Harapan berbeda dengan khayalan atau angan, yang sebelumnya kita tidak berusaha untuk itu.
Misalnya, aku mengharap diterima di UGM jurusan Manajemen tahun ini. Aku telah berusaha semaksimalku dengan berdoa dan belajar.
Sedangkan khayalan atau angan, aku mengharap diterima dan aku tidak berdoa juga tidak belajar.

Cita, asa, hmm.. Itu apa ya ?
Cita itu seperti mimpi yang jangkanya lebih panjang, aku kira. Misalnya sewaktu aku masih sangat anak-anak (sekarang aku masih anak-anak, bocah), aku bercita ingin menjadi dokter.
Asa itu apa ya? Harapan mungkin. Entahlah.. Coba tanyai KBBI :D

Nah, dalam hidup ini manusia hebat haruslah mempunyai semua itu. Coba aku tanyakan, apakah aku sudah mempunyai visi, mimpi, asa, cita, harapan ? Coba kamu tanyakan pada dirimu.. :)
Kalau belum, berfikirlah sejenak.. Sambil menyeduh kopi mungkin.. :D

Sepertinya kita sering salah dalam mengartikan pengertian masing-masing kata di atas. Dan sepertinya juga banyak diantara kita yang belum memiliki mimpi, cita, visi dan harapan. Visi ada, tapi cita tidak. Mimpi ada, tapi tak bervisi. Hmm..

Atau mungkin, takut bermimpi ?

Dulu sewaktu pelajaran Bahasa Indonesia di kelasku, beberapa bulan yang lalu, kami saling mempresentasikan cita-cita kita di depan kelas. Kebanyakan bercita-cita yang sama. Satu cita, misalkan guru, banyak sekali yang berminat. Menjadi guru adalah tujuan final ?
Ada pula yang masih bingung dengan citanya. Ada pula yang ngga mau tinggi-tinggi dalam bercita, katanya ngga usah muluk lah, kaya' gitu. Pffft.. :)
*sekarang ogut bukan anak sickolah lagi lohh*

“Kawan, bercita haruslah tinggi. Karena Tuhan akan 'memeluk' cita kita. Dia akan mengabulkan prasangka hambaNya, yang baik dan yang buruk. Maka berbaik sangkalah. Bercita tinggi bukanlah berarti muluk. Mungkin ia hanya tidak ingin biasa saja, seperti manusia kebanyakan. Beranilah bercita, karena Dia akan mengabulkan cita kita. Tidak ada yang tidak mungkin selama cita kita tidak bertentangan dengan Dia. Tidak akan muluk, ko'”

“Bercitalah setinggi langit. Kalopun jatuh, lo akan tetep di atas. Kalo lo bercita setinggi pohon toge, jatuh langsung nyungsep dah ! Bukkk !” #eh :p

gini, langit itu kan tinggi banget, mungkin. Manusia ngga bakal sampe lah ke langit secara fisik. Tapi mimpi, cita, itu ngga bersifat fisik. Ia ada di akal kita. Anggap saja ia ada di langit. Kalo jatuh, ya disana-sana aja, ngga bakal ke bawah tanah langsung bres ! Karena roda kehidupan itu naik turun, maka jatuh dalam bercita itu kemungkinan besar banget. Persiapkanlah, bercita ngga usah tanggung-tanggung. #okesip

Gimana ? Udah punya mimpi ?

Pejamkan matamu. Bayangkanlah apa yang kamu inginkan untuk dirimu. Karena indera bisa saja menghalangimu untuk melihat mimpi-mimpimu. Sudah cukup ? Bukalah matamu, dan raihlah mimpi-mimpimu :')



Oke, mungkin cukup. Itu perkenalan awal ya :D
sebenernya sih ogut cuma mau curhat :v #eaaaaaa
Ngga  curhat banget kok..
Izinkan diri ini mengetikkan visi, mimpi, harapan dan temansnya disini.. Karena aku kira ini momen yang tepat. Katanya, saat aku berusia 18, aku sudah bukan bocah lagi.. :'(
Dulu pas ada judul yang mengatakanku bocah, ada mensyen dari Kakak Twitter, katanya ya "aku selisih satu tahun sama kamu, aku 18 tapi aku bukan bocah" #deg

Aku merasa tua.. Dan aku harus Move On. Ngga boleh kaya gini terus-terusan, ngga boleh jadi ababil galau yang menggalaukan negatif, ngga boleh nakal, ngga boleh bikin nangis anak kecil, ngga boleh ngelawan orang tua, kudu manut, sayang teman.. Dan aku harus lebih dari itu. Dan lainnya.

*bernafas*

Aku pun menyusun sebuah rencana berjangka, yang akan benar-benar aku mulai beberapa hari Tu bulan ke depan. Aku mau hijraaaaahhh :'D
Aku udah bukan anak sekolahan lagi oiiii ξ\(ˇ▽ˇ)/ξ
dan, aku mau kuliyah. Sebenernya sih dulunya ngga terlalu niat, malah ngga niat. Udah sebel gue ternyata di sekolah aja gitu-gitu aja. Ngga bisa bikin gue yang PEMALU (hello) jadi bocah yang kendel. Tapi, semua keluarga NYURUH gw kuliyah. Malah Mama nyuruh ambil keguruan *geela kalee anaknya aja ngga betah banget di sickolah, e disuruh balik lagi ke sickolah*
Aku melawan. Aku ngga mau. Karena aku emang udah kadung ngga suka ya. Dan duit bukan inceran gw, PNS bukan tujuan gw. Mencerdaskan anak bangsa ngga harus jadi guru, di sickolah. Dan gw ngga mau duit orang tua diabisin biar gw jadi guru di sickolah.

Maaf nih, gw emang ngga suka ama sickolah #eh sekolah :))

Oke, pendaftaran tahun ini gw daftar jurusan Manajemen dan Komunikasi di universitas yang sama, katanya sih salah satu terbaik di Indonesia. Tapi gw sih ngga tau dan gw ngga ngincer itunya. Gw ngincer yang deket sodara aja. :D
percuma kuliyah di perguruan tinggi baik kalo lo ngga baik-baik.



*Geela kalee ya, bocah benci sickolah yang dicap ndablek sama guru biologi kaya gw berani amat daftar kesana :))

tujuan gw sih sebenernya ngga sekadar kuliyah. Lebih, lebih, lebih dari itu. Bayangan gw sih ya, awal-awal kalo gw jauh dari rumah, gw pasti bakal kangen rumah sama anak imut depan rumah :3
Dan gw masih sedikit temen, berhubung gw juga introvert sih.

*bernafas panjang*

okeh, gw mau bener-bener ketikkin disini apa yang gw mau biar gw ngga lupa dan siapa tau yang baca mau doa'in gw :'D
kan doa buat gw yang ngga gw ketahui manjur, malah mbalik ke yang ngedoain kan kan kannn :'D

BismiLlaah.. Guw mantep tahun ini guw daftar UGM. Kenapa gw milih sana, ya itu tadi. Deket sodara. Sama deket tempat rumahnya Mba Bolung :D gw niat belajar jadi jurnalis juga emak ke beliau :'D
Eh gw juga niat belajar blogging ke Mas Bolang, sekaliyan belajar jadi bapak gituh :'D
*eaaaaaaa *eaaaaaaa *eaaaaaaaaa
Eh, emang gw berani ketemu mereka ? Dulu aja gw tersipu-sipu ngga berani ngomong..
Hmm, katanya orang introvert itu kalo udah ketemu orang yang pas, die bakalan nyablak. Dan itu butuh proses. :D

pas tes, gw sms-in temen-temen gw nanyain soal gimana gampang ngga dikerjain berapa. Kebanyakan jawab susah, cuma sedikit. Haduh.
Nah, kebanyakan bocah kan kaya' gitu, itu buat harapan gw bertambah tinggi. Soalnya gw juga ngga dikerjain maksimal. Secara gw anak ipa ikut tes ips belajarnya bisa diitung :D *pamer*
guwa bener bener bener ngarep diterima :))
Ya Allah, tempatkan aku di tempat yang baik untuk agamaku dan untukku :))

Jogjakerdah. Kota besar tuh. Beda sama kota tempat tinggal gw yang sekarang. Kecil dan ngga terkenal. Eh pernah terkenal dulu deng, pas ada kanibal --" #lupakan
Gw selain ke sekolah biasanya di rumah aja. Jarang bet main sana main sini. Ke kota pun kalo diajak ato ada kepentingan dowang (jarang banget)
Dan kalo di kota gw biasanya heran. Kota kecil aja pakeannya udah seksi-seksi gini kaya lemper banget apalagi di kota gede ya ? #eh
#lupakan

*ko' jadi aga ngga ngambung gini ya ?
Oh, ini kan sesi curhat. Oke, lanjut curhat*

Karena baru belajar agama seumur kemarin sore, gw niatin banget kalo gw hijrah nanti, gw mau melahap ilmu agama. Disini gw jarang dapet. Gw juga dapet dari modal pulsa (buat browse) sama pinjem buku :'D
Kaya'nya sih di kota besar kajiannya lebih luas dan lebih sering daripada disini :)
#melingkar #eaaaa #melingkar :)

Jadi intinya,  gw mau eksyen beneran untuk visi gw jadi jurnalis sebelum ***** (sesudah ***** kalo diizinin ***** aja deh), jadi entrepreneur dimulai dari 0, jadi blogger yang ngga amatiran, jadi pencari ilmu yang ngga nakal, jadi manusia yang bernilai  :)

Jurnalis itu cita-cita gw sejak kelas 6 SD. Gara dulu gw pengen banget ketemu Steven Gerrard. Tapi sekarang motivasinya berubah.
Gw MAU  jadi jurnalis Muslim yang mengabarkan fakta dan ingin tau perkembangan apa saja di dunia Muslim. Kan sekalian belajar. Nah, kamu tau kan kalo Muslim sekarang tuh didzalimi banget sama orang-orang kafir juga munafik? Dengan mengabarkan berita-berita fitnah juga negatif ke Muslim?
Gw geregetan pengen lempar sendal ke mereka sebenernya. Tapi sayang, sendal gw cuma satu.. #eh
Ngga. Guw cuma mau elegan aja. Katanya pemikiran dilawan pemikiran. Ya oke.. Ayo siapa yang mau nampung guwa :D hhehe


juga, beberapa minggu lalu gw dapet mensyen dari pecinta Shaun the Sheep, katanya gw suruh kuliah di Jogja ntar gw jadi kontributor MuslimDaily di Jogja. Siapa yang ngga seneng sih ????? :))
pasti orang-orang kaya' @ulil yang ngga seneng :D
gw tertarik dengan tawaran itu, jujur aja. Itu nambah semangat gw buat kuliah :D
makasih Om. Jangan lupa kesing BBnya ya :D
gw ni pemalu Om :D

Seenggaknya kalo gw jadi kontributor ya, gw kan jadi berpengalaman. Dan minat gw tersalurkan. Bakat? Ngga penting ah. Yang penting tuh minat yang bener bener :)
Minat gw menjadi jurnalis, minat gw ngabarin tentang kebenaran, untuk media Islam, untuk Muslim, untuk mama. Yap

Guwa berharap guwa bisa menjadi bagian di Jurnalis Muslim dunia :')
yiha ! Aameen
gw ngedaftar jurusan komunikasi untuk ini :))

Entrepreneur.
Kalo ini cita-cita sejak SMA. Soalnya gw tau ini juga kelas 11 dan ngga terlalu ngeh :D
kelas 12 gw eksyen jualan jajanan tradisional di kelas. Lumayaan :D
tapi karena berbagai hal, berhenti. Dan gw belum mulai eksyen lagi sampe sekarang.. :(



Tujuan utama ngentrepreneur tuh jangan uang, tapi keberkahan. Percuma kali kalo dapet uang banyak tapi buat maksiat terus jatuh melarat asa sekarat ngga kuat. Pfft.

Pengin ngga sih, kamu buka lapangan pekerjaan buat para penganggur ? :)
gw sih pengen.. Gw pengennya yang kerja tu Muslim semua yang shalih-shalih semua kudu shalat 5 waktu sama shalat dhuha :D

Tujuan gw yang pertama, gw pengen ke Makkah sama mama. Mama gw pengen banget haji katanya :))
dan gw juga pengen dan gw pengen biayayain mama gw :))
secepatnya, secepatnya. Asap :)) doakan ya, semoga bae bisa
inshaAllah..

Tujuan lain, gw pengen banget nyaingin pengusaha-pengusaha nakal, yahudi (9҂'̀⌣'́)9
Tau kan, produk-produk yang diboycott demi Palestina? Itu kan rata-rata punya mereka. Tapi kadang kita juga susah soalnya produk mereka udah mendunia gitu. Apalagi teknologinya. Kalo produk makanan sih kita bisa hindari yaaa :))

di berita, yang ngebiayain si lesbonggg irshad manji ke Indonesia juga mereka, loh..
Yang ngebiayain JOL (jaringan orang liberal) juga mereka deh..
Nah, mereka kan pengen banget Islam hancuuurrr, kawann.. Aku ngga mau donk.. Kamu juga pasti ngga mauu kaaan ? :))
makanya, tanamkan jiwa entrepreneur dalam dirimu

Karena cita-cita ingin jadi entrepreneur ini, gw yaqin ngedaftar jurusan manajemen. Padahal dulu inginnya ekonomi syariah. Tapi.. #ahsudahlah
Ekonomi dunia terpuruk karena sistem kapitalis. Kalo pake sistem Ekonomi Syariah mah ngga deh :)) #kaya’nya

oiya, gw pengen bikin media sebagai wadah para jurnalis Muslim dan para Muslim yang berminat. Di Indonesia belum ada TV Muslim ya ?
Media elektronik, cetak, internet.
InshaAllah. Pengen gw.
Apa aja pengen yahh gw :D

ya walopun jadi entrepreneur tuh ngga harus kuliyah :))

Penulis !
Ini juga cita-cita baru gw :D sejak SMA kelas 11 ke atas lah. *gw kaya'nya mulai hidup ko' langsung kelas 11 ya*
tapi, gw penginnya nulis buku yang bukan fiksi. Soalnya gw belum bisa bikin gituan :))
cita ini muncul seiring gw suka nulis status, twit sama blog juga baca-baca artikel dan buku :D



gw pengen juga sih bikin penerbitan buat Muslim. Gw teringat kisah seorang bocah Amerika yang 'menemukan' Islam gara-gara membaca buku :)
Muhammad Alexander Pertz. Cari aja, di voa-islam.com tuh. Di blog gw juga ada.
Yahh, gw sendiri juga 'menemukan' Islam dari bacaan :))

Bacaan itu penting. Sayangnya harga buku mahal, hanya kalangan tertentu yang bisa melahap ilmunya. Dan, ternyata produk liberal yang hedon lebih diiklankan kaya'nya daripada buku Islami. wah parah donk nihhh
Ayo dew, benahi ! #eaaaa

***** **** :D
gw mempersiapkan ini buat 2014. Semoga gw yang terpilih :D karena dari cita yang ini, aku melihat banyak hal positif yang harus kulakukan dan akan kuraih. Dan, misal pahitnya 3 cita utama diatas ini gw belum berhasil, harusnya anak gw bisa. #eaaaaa
gw serius. gw serius.
Thilal-Bilal


cita-cita gw semua nyambung dan melabar, melebar dan bercabanggg :D

Harapan terbesar gw, gw ingin jadi orang yang bahagia. Bahagia karena mendapat ridloNya dan mencapai apa yang aku citakan :)

jangan takut bercita, Kawan. Karena kamu punya segala yang kamu mau. Jangan kecilkan dirimu. Karena kamu luar biasa. Allah menciptakanmu dengan luar biasa dan bukan untuk tanpa tujuan.

Dalam mewujudkan cita emang ngga selalu mulus. Adaa saja rintangan. Dan ini nasihat dari Sahabatku,

“Dalam mewujudkan cita, jangan terlalu memikirkan perkataan orang lain. Jangan juga mengabaikannya sama sekali, bisa jadi apa yang mereka katakan ada benarnya dan bisa diambil ibrahnya. Nah,teruslah berjuang tuk mewujudkan cita itu. Dicemooh? Itu
biasa, bahkan sekelas Rasululllah shalallahu ‘alaihi wa sallam pun mendapati hal seperti itu, lebih dari itu malah. Yakinlah sebanyak apapun mereka yang mencibir cita kita, akan selalu ada mereka yg siap sedia menyokong perjuangan dalam mewujudkan cita ini. Apalagi cita yg kita usung dalam rangka meninggi kalimat Allah, maka tidak hanya mereka yg ada di bumi yg memberikan dukungannya, mereka yg di langit pun menyambut cita ini dan akan menolong
terealisasinya cita ini. Wallahu a'lam.”

Biasanya manusia hebat itu didukung oleh orang-orang hebat juga di sekitarnya. Jika kamu tidak punya, jangan berkecil hati. Justeru jika tidak punya, jadikan itu penambah semangat untukmu bisa hebat dan kamu memang hebat ! "gw ngga ada yang ngedeking, ngga ada bimbingan, dan ternyata gw bisa! Karena gw punya Allah!" #okseip :')


Untuk kamu ketahui, jika mata suku Kuruta sudah berubah jadi merah itu berarti tidak akan bermain-main :)


terima kasih untuk Sahabat-sahabatku. Aku dapat banyak inspirasi darimu, walaupun di dunia maya:'''')
 mungkin ini curhatan terakhirku di blog saat berusia 17, karena besok aku sudah 18 :'(
*tiduran di rel*



hehehe :)
BarakAllaah fiykum

Dewi, 17 tahun, Pemimpi

7 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  2. asslamualaikm
    mbak dew,keren tau
    ajarin aku jadi blogger hebat donk,subhanalloh bgt deh @alfiaza_kopites

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum..
    nice post, cukup menginspirasi.
    btw, kebetulan pilihan jurusannya sam (Manajemen UGM). semoga lulus :) aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaykumussalaam. taraaa aku ngag diterima :D *setahun yang lalu

      Hapus
  5. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    BalasHapus