Pages

Selasa, 26 Juni 2012

Ngapak itu Keren


┒('o'┒) rika (┌','┐) nyong  ┒(⌣˛⌣)┎ rampung

bahasa apa hayooo ?







Tet..teeettt










Ngapak !
Yap ! Betul sekali :D

Ngapak. Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata itu? Lucu, kasar, aneh atau apa?
Sebagian besar mengatakan lucu, sebagian mengatakan kasar.
Ngapak itu bahasa Jawa di daerah Karasidenan Banyumas (Purwokerto, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara), Kebumen, Tegal dan mungkin daerah sekitarnya.
Penasaran pengen denger logat ngapak itu kaya' gimana? Denger aja kalo Parto atau Cici Tegal ngomong, juga Indro Warkop ;)

coba donlot ini, kaya'nya sih uda terkenal
 

Ngapak ini spesial. Dimana-mana ada, bahkan di Suriname katanya (beberapa waktu lalu buka internet dan menemukan sebuah artikel kalau di Suriname berbahasa Jawa iya, dan seperti logat Purbalingga, yaitu ngapak). Suriname, dulu di pelajaran IPS SD-SMP, katanya negara yang isinya penduduk Indonesia masa penjajahan yang disuruh kesana buat kerja sama kompeni. Kebanyakan penduduk jawa yang belum bisa baca tulis. Bahasa krama kalo ngga salah jadi bahasa nasional sana. Nama-namanya pun menggunakan nama khas Jawa. Namun, generasi mudanya semakin sedikit yang menggunakan bahasa jawa karena globalisasi. Bahkan tidak tau. Sama seperti penduduk pedesaan yang lama-lama banyak menggunakan bahasa indonesia. Hmm..

Kata guru TIK saya di SMA, logat ngapak itu karena dulu penghuni daerah ngapak adalah para prajurit yang terkesan kasar, makanya logat ngapak kaya' gitu katanya. Tapi guru TIK saya juga mengatakan, di daerah ngapak itu kan ada gunung Dieng yang menurut kepercayaan Hindu adalah kahyangan, dan di apaaa gitu aku lupa, ternyata ngapak. Jadi pendapat bahwa rakyat ngapak=prajurit kasar, perlu ditinjau ulang. WaLlaahu a'lam.

Ngapak itu kaya' bahasa jawa lain ko'. Ada yang kasar, agak halus, halus. Aku kasih contoh ya..
Ind : dewi dipanggil Ibu
Ngapak kasar : dewi diceluk Ibu (ini ngga sopan, soalnya untuk orang tua, Ibu, harusnya pake yang halus. Nah, kata kasar ini biasa dipake untuk yang sebaya)
Ngapak agak halus : dewi diundang Ibu
Ngapak halus : dewi ditimbali Ibu.

Ngapak juga ada perbedaan kata itu ditujukan untuk anak-anak atau orang tua. Misal,
Ind : Dewi mau pulang.
Ngapak ; Dewi badhe wangsul (dipakai kalo yang bilang lebih tua dari dewi)
Dewi badhe kondhur (dipakai kalo yang bilang lebih muda dari dewi)
bahasa diatas bahasa ngapak halus.

Ironis. Sekarang banyak ababil yang gengsi kalo mau pake ngapak. Mungkin si ababil gengsian itu berpikir, ngapak itu ndeso.
Padahal sih menurutku, ngga usah lah gengsi-gengsian. Toh pake ngapak kan melestarikan budaya. Dan kalo emang terlahir ngapak tapi dipaksa-paksain pake bahasa indonesia, tu aneh banget..

Ngapak sendiri tiap daerah berbeda-beda loh, walo sama-sama pake logat ngapak. Untuk Purwokerto-Purbalingga, beda. Purbalingga-Banjarnegara juga. Banjarnegara bagian barat sih lebih ngapak, tapi kalo udah mulai ke timur, mirip ngapak campur Wonosoboan. Nah, bahasa Wonosobo ini terkesan lebih halus.
Saya asli Purbalingga dan ngga gaul kecuali sama anak Purbalingga. Tapi saya SMAnya nyasar ke Banjarnegara. Pertama di sekolah, saya merasa aneh. Logat-logatnya beda. Tapi menurut mereka yang aneh itu aku. Karena aku sendiri, jadi aku sering ditertawakan. Gara-gara logat.

Ngapak itu belakangnya berakhiran a. Kalo logat bahasa jawa yang lain kan o, ek. Misalnya
Ind : ada
Ngapak : ana, dibaca ana
Bahasa Jawa lain : ono, enek, eneng.

Ind : sakit
Ngapak : lara
Jawa lain : loro (kadang bingung, soalnya dua juga dibaca loro)

dan lain-lain.

Logat ngapak itu ngga mesti kasar. Yaitu, ngapak halus. Kalo dibiasakan dari kecil bicaranya pake ngapak halus, ke gedenya malah jadi lembut. Daripada yang dari kecil diajarkan bahasa indonesia.
Aneh juga sama ibu-ibu muda sekarang. Kaya'nya bangga banget kalo anaknya bisa bahasa indonesia sejak kecil. Padahal menurutku, semakin tahun ngapak semakin dianggep gimanaa gitu.. Jarang yang bisa ngapak halus lohh. Maka itu asset. Buat para ibu dan calon ibu di daerah ngapak, ajarilah anak anda sedari kecil berbahasa jawa ngapak yang halus.. Bahasa indonesia mah ntar bisa sendiri, apalagi ngapak kasar. :)

Ngapak itu budaya indonesia, maka patut kita lestarikan. Jangan malah melestarikan rok mini budaya wanita amoral #eh :)

oh iya, udah tau apa belum nih, ada situs jejaring sosial berbahasa Ngapak. namanya KayaKiye.com  Kaya kiye aja kaya kuwe :v

Ngga percaya kalo ngapak bisa lembut ?
Coba aja kamu bicara sama sepupu saya. Dari kecil beliau pake ngapak halus, walo ke anak yang usia lebih muda ;)
kalo zaman sekarang kan banyakan pada pake ngapak halus sama orang tua doang.

Kadang saya juga bingung pelajaran Bahasa Jawa di sekolah. Pakenya bahasa jawa sekitar Solo deh kaya'nya. Soalnya bahasa kaya' gitu, ngga biasa. Terlalu resmi menurutku. Harusnya kan bahasa kita aja, wong bahasa kita aja ada yang ngga tau gimana kan. Terus asal mulanya juga ngga dikasih tau sama guru.

Buat yang mau lucu-lucuan sama tanya-tanya logat ngapak, follow aja @NgomongNgapak ;)


bisa juga tanya-tanya ke @saladln ;p
gratis ko', ngga bakal minta siomay :v

ora ngapak ora kepenak, ora ngapak dupak ;p

10 komentar:

  1. Oh logat parto dan cici tegal itu namanya logat ngapak toh? Au kirain dibuat-buat biar kedengaran lucu.. hehe, setuju tuh, harus bangga dengan cirikhas daerah sendiri, kenapa malu? ^^

    BalasHapus
  2. Se7,.
    Ngapa mesti isin nganggo bhsane dewek,.

    BalasHapus
  3. pancen bocah koplak, sue sue tek dupak koe..:D

    BalasHapus
  4. Hahah ana blog tebtang ngapak.
    Salam cah purbalingga juga :)

    BalasHapus
  5. Biar ngapak yg penting ngk koplak dan ngk asal njeplak saat ngendika,,,

    BalasHapus
  6. nyong kencot, mendoan anget nylekamin kiye :D

    BalasHapus
  7. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    BalasHapus