Pages

Senin, 28 Mei 2012

Furkan Dogan, Pemuda Syahid Mavi Marmara

Furkan :')


30 Mei malam berkumpul di kapal Mavi Marmara... solat tahajjud, solat subuh berjamaah pada 31 Mei-nya...

Mendoakan 9 syuhada yang ditembak mati oleh tentara bajak laut Zionis...

Ini sudah mulai larut malam. Tapi tak ada malam yang terlalu larut utk menceritakan detik2 kematian seorang syahid bukan?

Namanya Furqan Dogan umurnya 19 tahun. Lelaki termuda yang mati syahid di kapal Mavi Marmara...
mau dengar ceritanya?


Kenapa Jatuh Cinta, Kenapa Harus Jatuh ??



banyak kan dari kita yang sering denger JATUH CINTA
kalo lagi suka sama seseorang ato sesuatu, bilangnya JATUH cinta.

"aku lagi jatuh cinta nih.."
"kecantikannya bisa membuatku jatuh cinta"
"aku jatuh

Minggu, 27 Mei 2012

Mencintai dalam Diam



Aku mencintai dalam diam.
Ingin seperti Ali radiyaLlahu'anhu dan Fatimah radiyaLlahu'anha
Berusaha seperti..
Biar hanya Dia saja yang tau sampai saatnya..

Tapi jika dalam diamnya cintaku ternyata kamu telah menemukan dan tidak diam,
Maka biarkanlah aku terdiam
Aku tidak akan menangisi kediamanku

Aku Belajar Berubah dari Kamen Rider.. Henshin!

“Sebagai suatu sunnatullah yang telah berlaku sejak dahulu, kamu sekali-kali tiada akan menemukan perubahan bagi sunnatullah itu.”(al-fath : 23)
          




Kamen Rider, Power Ranger, Ultraman dan kawan-kawannya lebih kita kenal sebagai film anak-anak. Dan yang paling banyak menontonnya juga anak-anak, walau pun juga tidak sedikit mereka yang sudah berumur masih senang menonton film-film di atas, aku termasuk. Menerutku sih

Kamis, 24 Mei 2012

Ingatlah Dia yang Selalu Menanti Kita

“Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat- malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya.”(Al-An’aam : 61)

Kematian, masa depan yang kadang kita abaikan. Padahal ia pasti datangnya sebagaimana janji-Nya yang tidak mungkin diingkari. Setiap yang berjiwa pasti akan merasakan kematian, itulah sebuah hukum alam sunnatullah bagi setiap makhluk yang telah terlahir di dunia.

Bijaklah Dalam Menjadi Korban Iklan

AsSalaam Alaykum..
Apa kabar saudaras ? Semoga engkau selalu dalam lindunganNya :)

Saudaraku,
akhir-akhir ini, aku suka terusik oleh iklan di televiconggg.
Walaupun aku jarang nonton tv, tapi aku tau iklan-iklannya. Karena aku lebih suka nonton iklan daripada shitnetron *oh *hello* :v

ada lohh, beberapa iklan yang ‘merendahkan‘ kaum adam juga kaum hawa.
Kaya iklan deodorant tuh. Gak sebut merk yahh.

Masa, gara ketiak putih+wangi, lelaki langsung pada nempel ?
Berarti, lelaki tunduk di bawah ketek wanita getoh ?!!!?? Ohh..harga deodorant gak sampe Rp 100.000 loh :P

Terus, wanita bukan perawan masa dibilang bidadari ?! Jelas-jelas di dalam Al Quran bidadari itu perawan, cantik dan belum pernah dilihat juga belum pernah tersentuh !
“Di dalam surga, terdapat bidadari-bidadari-bidadari yang sopan, yang menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin. Maka nikmat Rabb-mu yang manakah yang kamu dustakan? Seakan-akan biadadari itu permata yakut dan marjan.”
(Qs. Ar-Rahman: 56-58)

Wanita bisa ‘tunduk’ ke lelaki gara bau wangi ?! sampe nyerahin segalanya ?!
Aihh… Padahal gak gitu..

Mungkin sekilas iklan itu lucu ya.. Padahal itu merendahkan.. :(


Lagi nih, iklan minuman.
Di hadits RasuluLlaah, minum sambil berdiri itu gak boleh. Ini haditsnya :

Dari Anas dan Qatadah, RasuluLlah shallaLlaahu’alayhiwassallaam bersabda: Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri,
Qotadah berkata, “Bagaimana dengan makan?”
beliau menjawab: “Itu kebih buruk lagi.”
 (HR. Muslim dan Turmidzi)
Dari Abu Hurairah, RasuluLlaah shallaLlaahu’alayhiwassallaam bersabda
“Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan !” (HR. Muslim)

Tapi di iklan tv, rata-rata iklan minuman yang aku liat tuh minumnya sambil berdiri. Malah ada yang pake tangan kiri. Malah ada Da’iyah terkemuka Indonesia yang ngiklanin susu, minumnya juga sambil berdiri :(

astaghfiruLlaah..

Iklan itu sering ditonton, termasuk oleh anak-anak ! Aku khawatir kalau anak-anak nonton tanpa didampingi orang tua..
Apalagi anak-anak kecil kan lagi seneng-senengnya niru, ingetannya lagi tajem. Kaya sepupuku yang usianya enam tahun. Gampang banget nyerapnya.
Yang belum genep dua tahun juga. di tv bayi lompat-lompat #eh ikut lompat :D
mentang-mentang sama-sama bayi :D

Ada lagi, iklan yang menjadikan aurat wanita sebagai daya tarik.
Pake tanktop, hotpants, rok mini, dan yang mini-mini lain. Padahaal, wanita kan dilarang mempertontonkan auratnyaa kepada khalayak.

“ Dan jangan kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang -orang jahiliyah yang dahulu” (QS.al Azhaab : 33)

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak- anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan, Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Al-Ahzab : 59)

“Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat:
1. Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan
2. para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.”
(HR. Muslim)

Contohnya iklan kecantikan kaya hand and body lotion ato sabun mandi.
kan kasihan yang liat tapi gak boleh liaaaaat :(
dulu Imam Syafi’i hafalan haditsnya hilang empat puluh gara-gara gak sengaja liat betis wanita ! Gak sengaja !
Padahal baju dulu sama sekarang, tertutupan dulu ya..

ada lagi, iklan parfum. Katanya kalo pake parfum itu bisa bikin lain jenis ‘tertarik’
biasanya pake model anak sekolahan ato kuliahan. Dan biasanya ini untuk parfum wanita, agar lain jenis tertarik. Padahal wanita dilarang pake parfum ! Untuk menghindari fitnah !
Kaya hadits ini :
RasuluLlah ShallaLlahu’alayhi wasallam bersabda : “Perempuan manapun yang menggunakan parfum kemudian melewati suatu kaum agar mereka mencium wanginya maka dia seorang pezina” (HR Ahmad)

dan, iklan yang lagi ngetren saat ini (mungkin) adalah iklan operator seluler. Gak jauh-jauh dari pacaran. Walo lucu :D
tapi.. Ya itu.
Galau karena ga punya pulsa buat telpon ato sms pacar. Galau karena ga bisa onlen.
Hellowww, remaja sekarang kan kebanyakan kaya gitu. Eh iklannya ngiyain. Pffftt
jadi, kayaknya tuh hubungan cinta (nafsu) yang belum terikat dengan tali pernikahan adalah hal yang wajar, sah-sah saja dan tak berdosa.
Padahal..gak boleh..

“Pasti akan ada dari Ummatku suatu kaum yang (berusaha) menghalalkan zina, sutra, khamr (minuman keras) dan alat-alat music.”
(HR Bukhori)

“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah perbuatan yang keji dan suatu jalan yang jelek.
(QS Al Israa’ 32)

“Lirikan mata merupakan anak panah berracun dari syaithan, barang siapa yang meninggalkan karena takut kepadaKu, maka Aku akan menggantikannya dengan iman sempurna hingga ia dapat merasakan kemanisannya dalam hati.”
(HR Thabrani dan al Hakim)


AstaghfiruLlaah..
Banyak pula iklan lain selain yang aku sebutkan di atas yang berdampak kurang baik untuk kita.
Menjadikan kita pribadi yang hedonis, materialis !

Menurut iklan, laki itu gak boleh minum yang rasa-rasa ! :D
deuh, kasian ya. Mau minum sirup rasa jeruk ntar dikira bukan laki :v

Menurut iklan, cantik itu kulit putih mulus halus tanpa bintik hitam tanpa jerawat tanpa mata panda  dan merona ! :v
Padahal, cantik itu relatif. Gak harus putih, gak harus ini itu. Tapi karena propaganda media, remaja putri sekarang pada umumnya berlomba-lomba untuk tampil ‘cantik’, seperti apa yang iklan katakan :)
Gak peduli berapa biaya yang dikeluarin oleh (orang tua)nya, yang penting dia cantik ! Gitu aja. Pfft..
Padahal yahh, gak mesti apa yang iklan rayu untuk kita itu gak sesuai kenyataan. Banyak loh, sesebocah atau seseorang yang make produk kecantikan tapi kulitnya malah rusak. Keluar biaya tambah deh buat ngebenerin J
Bijaklah dalam menjadi korban iklan.. #eh

Dandan buat siapa sih, hey remaja putri ?! :)
buat satpam sekolah ? :D
buat kernet bus ? :D
buat supir taxi ? :D
buat supir angkot ? :D

Buat gue, dandan itu belum perlu untuk remaja putri karena statusnya yang masih single. Karena dandan hanya untuk suami :’)
Yang penting, kita jangan bau aja !
Pake deodoran..
Masa, wajah sama yang lain udah dipoles sedemikian rupa, tapi bau ketek. Pffft… :D

cukup “jaga diri” aja. Jangan acak-acakan, jangan tabarruj :)

tapi yaa, iklan di tv sekarang itu bak tuntunan..berkiblat ke barat. Belum lagi iklan-iklan di media lain semisal majalah. Ini baru iklan loh yah, belum lagi filmnya, bacaannya, lingkungannya.. pffft..



Nah, apakah ini salah iklan? Atau salah yang buat iklan? Atau.. ?
Gue sih bisa aja nyalahin iklan sama yang bikin iklan, tapi kan iklan itu juga dibuat berdasarkan perilaku konsumen.
*asek bawa-bawa bahasa ekonomi nih*
Yah tanpa sadar sebenarnya kita sendirilah yang membentuk iklan tersebut  karena kita telah kehilangan identitas kita sebagai seorang muslim *liat dompet, cek ktp, dan masih ada* /:).
Maksud gue bukan kehilangan kartu tanda identitas, tapi hilangnya kepribadian yang menunjukkan kita adalah Muslim. Diri kita pun kosong dari cahaya keimanan sehingga membuka lowongan untuk virus-virus aqidah untuk  ‘melamar’ dan ‘bekerja’ dalam hidup kita. Konsekwensinya kita harus merogoh kantung dalam-dalam untuk membayar upah atas pekerjaan yang mereka lakukan, sekalipun kinerjanya mengarahkan pada kebinasaan.
Kawan kau punya iklanmu yang harus kau syi’arkan, kita ini sedang berkompetisi, jadi jangan lupakan tugas dan berpaling pada pesaing.

So, loe ngga perlu selalu mengekor model-model iklan itu, kecuali kalau loe penganut teori evolusi si Darwin maka itu guwe maklumin .Guwe dan teman guwe ih haqqul yakin nenek, kakek, atau mbah buyut kita adalah manusia, bukan kera, manusia kera, apalagi manusia saiya berekor yang bila terjadi bulan purnama akan berubaha menjadi king kong.

Nah, karena guwe dan teman guwe adalah manusia sempurna, maka ngga sembarang ngekor-ngekor sesuatu yang ngga jelas. Maka cukup lah Al-Qur’an dan Sunnah sebagai penuntun akal dalam memilih tindak dan kata agar kita menjadi manusia seutuhnya. Bukan manusia berekor yang sukanya meniru iklan.


(RIYAN, 18 tahun, lelaki yang masih bocah)

Senin, 14 Mei 2012

Bahaya Sindrom Inferiority Complex


BismiLlaah,, notes ini saya ambil dari notes Pak Thahir http://www.facebook.com/fuadthahir007

Pernahkah merasa diri kalian begitu kecil, rendah, hina, kalah, malu, kerdil, atau perasaan sejenisnya yang mengacu pada ketidak percayaan diri alias minder? Sindrom itu disebut Inferiority Complex, suatu gejala kejiwaan dimana kalian selalu merasa inferior (minder) terhadap orang lain. Selain itu, ada juga kebalikannya yaitu Sindrom Superiority Complex.

Baik inferiority complex, maupun superiority complex bukanlah sikap yang layak kita pelihara. Kita tidak pantas untuk menjadikan keduanya sebagai bagian dari diri kita. Denganinferiority complex, kita hanya akan menjadi pecundang yang tak terkalahkan.

pecundang yang tak terkalahkan?  Sebab, sebelum bertandingpun kita sudah menyerah kalah. Sebelum mencoba sekalipun, kita sudah merasa gagal. Sayangnya, sikap ini sudah berhasil memakan banyak korban. Begitu banyak orang potensial dan berbakat hebat tetapi tidak menghasilkan pencapaian apa-apa dalam hidup mereka, hanya gara-gara terjangkit virus inferiority complex.

Kita juga tidak butuh superiority complex. Meskipun tidak jarang kita menemukan orang-orang yang terkena syndrom ini; tetapi, mengadopsi sifat seperti ini sama sekali tidak akan menambah nilai hidup kita.

Kita mungkin menduga bahwa sindrom ini hanya menyerang orang-orang yang berpendidikan rendah. Atau mereka yang tidak memiliki cukup keahlian. Tidak juga. Sungguh mengejutkan bahwa pada kenyataannya; sindrom ini justru menyerang banyak orang yang mempunyai kemampuan tinggi. Tengok saja sekeliling anda. Diantara mereka ada lulusan-lulusan perguruan tinggi terkemuka. Tak jarang pula yang memegang gelar pasca sarjana. Tetapi, ketika mereka dihadapkan pada situasi-situasi tertentu; mereka tidak mempunyai rasa percaya diri yang memadai. Sekalipun mereka memiliki segala hal yang dibutuhkan untuk menghadapi semuanya itu dengan gemilang. Mereka hanya bisa menggigil dipojok ruangan, sambil mengeluarkan keringat dingin disekujur badan. Padahal, butiran-butiran salju dimusim ini belum lagi turun…

Pernah menemukan jenis-jenis manusia seperti itu disekitar Anda? Tentu saja. Karena jumlahnya banyak sekali. Iya, kan? Ngomong-ngomong, bisakah anda memberi tanggungjawab yang besar kepada manusia dari jenis ini? Tidak, bukan? Sekarang, bagaimana seandainya ternyata kitalah yang dihinggapi sindrom inferiority complex itu? Sederhana saja: orang lain tidak akan pernah memberi kita kepercayaan untuk menangani tugas-tugas penting. Titik. Dan kita. Hanya akan menjadi seseorang yang tidak berarti apa-apa. Pergi tak ganjil, datang tak genap. Mereka bilang: kagak ada elo juga kagak apa-apa!

Kita sering tidak menyadari bahwa ketika mengatakan pada diri sendiri "Saya kan orang baru, mana bisa melakukan hal itu?" misalnya; maka kita telah merendahkah diri kita sendiri. Sehingga selamanya kita tidak bisa berbuat apa-apa; karena tidak pernah berani mencoba. Lantas, bagaimana mungkin kita bisa sukses didalam karir atau apapun juga jika membiarkan karakter inferiority complex itu bersemayam didalam diri kita?
 

Begitu pula halnya dengan superiority complex. Dia menjadikan seseorang mengira bahwa dirinya lebih baik dan lebih penting dibandingkan dengan orang lain. Dan karenanya, orang itu menjadi besar kepala dan arogan. Terlampau percaya diri. Dan memandang rendah orang lain.

Tidak ada salahnya jika kita mempunyai rasa percaya diri tinggi. Justru hal itu bisa menjadi nilai penentu competitiveness kita. Tetapi, jika kepercayadirian itu akhirnya membutakan mata hati kita, sehingga kita menjadi begitu angkuh, arogan, sombong, adigung adiguna; maka sesungguhnya kita, telah terseret kedalam comberan superiority complex.

Masih ingat apa yang dikatakan oleh guru sekolah dasar kita tentang ilmu padi? Benar. Semakin berisi, semakin merunduk. Batang-batang pohon padi mengajarkan kepada kita untuk menghindari karakteristik besar kepala seperti itu. Dan kabar baiknya, dengan memiliki kerendahan hati, kita tidak menjadi manusia rendah. Dengan kerendahan hati, justru kehormatan kita semakin bertambah tinggi. Dan dengan kerendahan hati, kita menjadi manusia yang bersedia mengakui bahwa tidak ada seorangpun yang sempurna dimuka bumi ini. Kita mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, kekurangan tidak menjadikan kita terpojok ditempat yang suram. Dan kelebihan tidak mengakibatkan kepala kita kebesaran. Sebaliknya, cahaya Tuhan membimbing mata hati kita untuk saling melengkapi; satu sama lain.

Untuk mengurangi, mengobati atau setidaknya meminimalisir sindrom Inferiority Complex, ikuti tips dibawah ini, yaitu 10 cara mengatasi masalah rasa minder (Inferiority complex) menurut Norman Vincent Peale :


1. Formulasikan dan camkan di pikiran anda tentang gambaran mental diri anda sendiri yang sukses. Pertahankan gambaran didi ini, dan jangan pernah biarkan menjadi kabur. Otak anda akan berusaha keras mangembangkan dan merealisasikan gambaran ini. Jangan pernah berpikirdiri anda gagal; jangan pernah meraguka relita imajinasi mental tentang kesuksesan. Benak kita selalu berusaha keras mewujudkan apa yang digambarkan. Karena itu, selalulah menggambarkan “kesuksesan” tak peduli berapa buruknya keadaan fakta yang tampak kala.

2. Setiap kali pemikiran-pemikiran negatif tentang kekuatan personal anda muncul diotak, segeralah menyuarakan pemikiran-pemikiran positif untuk menghadangnya.

3. Jangan membangun rintangan-rintangan dalam imajinasi anda sendiri. Kikis setiap rintangan itu. Kurangilah hingga sedikit mungkin. Segala kesulian harus dipelajari lalu dihadapi secara efisien dengan tujuan untuk disingkirkan.

4. Jangan kagum berlebihan pada seseorang sehingga anda mencoba anda meniru dia. Tak seorang pun bener-benar bisa menjadi dia selain dia sendiri. Ingat meski dia berpenampilan dan berprilaku sangat percaya diri, tak jarang mereka juga punya perasaan takut atau ragu.

5. Sedikitnya sepuluh kali sehari, ulangi kata-kata dinamis ini; “Jika tuhan bersama saya, siapa yang bisa menghalangi saya?”. Ucapkan kalimat itu SEKARANG dengan perlahan tapi mantap untuk membangkitkan kepercayaandiri sendiri.

6. Cari penasihat yang kompeten untuk konsultasi sehingga anda lebih mudah memahami mengapa anda melakukan hal yang anda lakukan. Pelajari akar dari rasa rendahdiri dan keraguan yang sering mulai muncul pada masa anak-anak. Pengetahuan terhadap diri sendiri itu bisa menggampangkan penyembuhan.

7. Sedikitnya sepuluh kali dalam sehari, latihan penegasan berikut ini. Ulangi kata-katanya dan ucapkan dengan keras jika mungkin.”Saya bisa melakukan segalanya melalui Tuhan yang telah memperkuat saya”. Ulangi kalimat itu SEKARANG. Perntataan ajaib itu obat paling mujarabuntuk mengatasi pikiran-pikiran rendahdiri.

8. Hitung perkiraan kemampuan anda sendiri, lalu naikkan 10%. Jangan jadi egoistis, tapi kembangkan penghargaan pada diri sendiri. Yakni pada kekuatan anda yang sudah dikeluarkan Tuhan.

9. Pasrahkan diri anda pada takdir Tuhan. Untuk melakukannya, nyatakanlah; “Saya berada di tangan Tuhan”. Lalu yakinilah SEKARANG anda menerima semua kekuatan yang anda butuhkan.”Rasakan” alirannya keseluruh tubuh anda. Yakinkandiri anda bahwa “kerajaan Tuhan ada di dalam diri anda” dalam bentuk kekuatan yang memadai untuk memenuhi tuntunan hidup.

10. Ingatkan diri andabahwa Tuhan selalu menyertai diri anda sehingga tak ada sesuatu pun yang mengalahkan anda. Percayalah bahwa sekarang anda KEKUATAN dari Tuhan.


----------------------------
dari berbagai sumber

Kamis, 10 Mei 2012

Nasihat dari Imam Al Ghazali oleh @sufimuda


berikut tweit dari @sufimuda

Nasehat Imam #AlGhazali kepada muridnya...

1. Anakku…Rasulullah SAW menasehatkan pada ummatnya: "Tanda kemurkaan Allah terhadap hamba-Nya adalah, #AlGhazali

2. bila ia tidak mendapat faedah dari hidupnya. Manusia yg umurnya dihabiskan dengan perbuatan2 yang tidak pantas, akan menyesal. #AlGhazali

3. Siapa umurnya yang melebihi 40 thn, sedang kebaikannya tdk mengungguli keburukannya, maka bersiaplah untuk pergi ke neraka”. #AlGhazali

4. Nasehat ini sudah cukup bagi orang yang berilmu. #AlGhazali

5. Anakku… Nasehat itu adalah mudah, yang sulit adalah mengamalkannya. #AlGhazali

6. Sebab, ia akan terasa pahit bagi mereka yang mengikuti hawa nafsunya. #AlGhazali

7. Hal2 yang terlarang itu disukai oleh manusia, khususnya bagi siapa yg menuntut ilmu dan menyibukkan diri untuk memiliki #AlGhazali

8. keutamaan budi dan kebaikan2 di dunia. Ia menduga, bahwa ilmu Mujarrod (Ilmu yang dipelajari agar disebut alim semata, #AlGhazali

9. tapi tidak mengamalkan isinya) akan dapat menyelamatkannya tanpa perlu beramal. #AlGhazali

10. Rasulullah SAW bersabda : #AlGhazali

11. “Manusia yg paling keras siksanya di hari kiamat nanti adalah mereka yg berilmu, tapi Allah tdk memberinya manfaat dari ilmunya itu”

12. Ada sastrawan Persia berujar : "Seandainya kau timbang khamer 2000 kati niscaya engkau takkan mabuk bila tidak meminumnya." #AlGhazali

13. Seandainya engkau menimba ilmu selama seratus tahun dan menghimpun seribu kitab,
tanpa amal, engkau takkan mendapatkan rahmat Allah.

14. Telah Berfirman Allah : “Dan seorang manusia tidaklah memperoleh selain apa yang telah diusahakannya” (Q.S. 53:39). #AlGhazali

15. “Barangsiapa yang mengharapkan perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaknya mengerjakan amal shaleh”. (Q.S. 18:112). #AlGhazali

16. “Sebagai balasan atas apa yang selalu mereka kerjakan” (Q.S. 9:82) #AlGhazali

17. Anakku…Malam-malam telah engkau lalui dgn belajar dan membaca buku-buku. Engkau tidak tidur selama itu. Saya tidak tahu, apa tujuanmu.

18. Jika tujuanmu hanya untuk kesenangan duniawi, maka celakalah kau. #AlGhazali

19. Jika tujuanmu utk menghidupkan syariat Nabi SAW, mendidik akhlak &mematahkan
nafsu yg condong kepada kejahatan, sungguh bahagialah kau.

20. Benar kata seorang sastrawan: #AlGhazali

21. Berpayah-payah tanpa mengharap ridho- Mu adalah sia-sia | Tangis yang bukan karena Engkau adalah bathil. #AlGhazali

22. Anakku…Engkau memang perlu menuntut ilmu. Lalu, bagaimana caranya agar orang bisa menempuh jalan kebenaran? #AlGhazali

23. Ketahuilah, bahwa untuk menempuh jalan kebenaran itu memang patut memiliki seorang Guru. #AlGhazali

24. Guru inilah yang membimbing dan mendidik untuk mendapatkan akhlak baik. #AlGhazali

25. Peran guru tidak ubahnya bagai petani, yang mencabuti duri dan tanaman asing dari sela-sela tanaman. #AlGhazali

26. Tentu, agar mendapatkan hasil yang optimal. Para Guru berkewajiban mendidik dan membimbing ke jalan Allah. #AlGhazali

27. Allah mengirim seorang Rasul, fungsinya adalah untuk membimbing ke jalan-Nya. #AlGhazali

28. Dan ketika Rasulullah telah berpulang, ia pun meninggalkan khulafa’ yang menggantikannya. #AlGhazali

29. Adapun persyaratan seorang Guru, ia hendaknya alim. Tetapi, tidak setiap alim pantas menjadi seorang Khalifah Rasul. #AlGhazali

30. Inilah tanda-tanda orang alim (ulama) itu.... #AlGhazali

31. Ia adalah orang yang berpaling dari cinta duniawi dan cinta kedudukan; ia telah mengikuti seseorang yang bijaksana, #AlGhazali

32. dan keteladanannya berurutan hingga dengan Rasulullah SAW. (Jalur ilmunya bersambung kepada Rasulullah) #AlGhazali

33. Ia pandai melatih nafsunya dengan sedikit makan, bicara, dan tidur. Ia banyak Shalat, shadaqoh, dan puasa. #AlGhazali

34. Perilakunyapun baik. Ia sabar, shalat, syukur, tawakal, yakin, qana’ah, tenang jiwanya, rasa malu, kesetiaan, #AlGhazali

35. kewibaan, ketentraman, tidak terburu-buru dan sebagainya. Memang orang seperti itu sulit di dapat. #AlGhazali

36. Tapi bila kita menemukannya, maka, wajiblah kita menghormatinya, lahir dan batin. #AlGhazali

37. Menghormati lahir adalah dengan cara tidak membatahnya, meski ia tahu akan kesalahannya. #AlGhazali

38. Jangan menggelar sajadah di depan guru,
kecuali untuk shalat. #AlGhazali

39. Janganlah memperbanyak shalat sunnah di depan guru. #AlGhazali

40. Dan kerjakan sesuai dengan apa yang diperintahkan Guru untuk beramal. Tentu, sesuai dengan kemampuan yang ada. #AlGhazali

41. Adapun penghormatan batin itu adalah tdk mengingkari segala yang didengarnya, baik
ucapan maupun perbuatan, agar tdk bersifat munafiq.

42. Jika tidak mampu, ia meninggalkan gurunya, hingga batinnya sesuai dengan lahirnya. #AlGhazali

43. Hindarilah bergaul dengan teman yang buruk perilakunya. #AlGhazali

44. Ketahuilah, bahwa tasawuf itu mempunyai dua sifat, yakni istiqomah dan bersifat tenang terhadap manusia. #AlGhazali

45. Maka, siapa yg bersikap istiqomah & berbaik budi terhadap orang2& memperlakukan mereka dgn bijaksana, maka ia seorang sufi. #AlGhazali

46. Istiqomah adalah usaha untuk menyelamatkankan diri. Budipekerti yang baik terhadap manusia adalah, #AlGhazali

47. tidak memaksa orang lain mengikuti pendapatmu, tapi usahakan mengikutinya selama tidak menyalahi syara’ #AlGhazali

48. Adapun ubudiah (penghambaan diri) itu ada tiga macam. #AlGhazali

49. Pertama, memelihara perintah syara’; Kedua, ridho dengan qadha’, taqdir, dan ketentuan Allah; #AlGhazali

50. dan ketiga, meninggaklan keridhoan dirimu untuk mencari keridhaan Allah. #AlGhazali

51. Tentang Tawakal, ialah menguatkan keyakinan terhadap janji Allah. #AlGhazali

52. Yakni, keyakinan bahwa apa yang ditakdirkan bagimu akan sampai secara pasti. #AlGhazali

53. Apapun yang tidak ditulis tidak akan sampai kepadamu, meskipun semua orang membantumu. #AlGhazali

54. Demikian Nasehat Imam #AlGhazali yang saya kutip dari "AYYUHAL WALDUL MUHIB"

55. #AlGhazali menasehati muridnya ratusan tahun yang lalu, bisa jadi nasehat itu cocok untuk zaman sekarang bisa jadi tidak.

56. Inti dari nasehat #AlGhazali tersebut adalah, pentingnya ber-amal, pentingnya
memiliki Pembimbing (Guru) dan berperilaku
yang baik.

57. Yang menarik adalah Imam #AlGhazali adalah orang yang awalnya menolak Tasawuf dan Kesufian dengan segala amalanya.

58. Beliau pernah berkata, "Kalau ada yang berkeyakinan ada ilmu selain yang aku pelajari maka dia adalah sesat". #AlGhazali

59. Itulah sosok #AlGhazali yang sangat lengkap ilmu agama nya sebelum menekuni dunia Tasawuf.

60. Setelah Beliau menekuni Tasawuf maka beliau berkata, "Sungguh selama ini aku telah menyia-nyiakan hidupku". #AlGhazali

61. Artinya ilmu agama yang beliau pelajari selama ini sia-sia karena tidak menemukan sang pemilik ilmu yaitu Allah SWT.

62. Zaman sekarang pun banyak orang yang bersikap seperti #AlGhazali sebelum belajar Tasawuf, mengingkari bahkan mencela.

63. Itu adalah sikap yang wajar. Ibarat kata pepatah, "Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta" #AlGhazali

64. Begitu pentingnya ilmu Tasawuf dalam pandangan #AlGhazali sehingga sampai akhir hayat Beliau menekuni ilmu ini.

66. Begitu berharga dan sulitnya mencari seorang pembimbing rohani (Mursyid) untuk menuntun manusia memahami hakikat keTuhanan, sehingga-

67. Imam #AlGhazali berkata:

68. "Menemukan Guru Mursyid lebih mudah menemukan sebatang jarum yang disembunyikan di padang pasir gelap gulita".

69. Bagi yang sudah menemukan jangan disia- siakan, mengabdi, berbhakti karena segala rahasia ada disana. #AlGhazali

70. Kitab Ihya Ulumuddin dikarang #AlGhazali setelah Beliau menekuni Tasawuf, ini adalah kitab terbaik sepanjang masa.

71. Imam Nawawi berkata, "Andai semua kitab telah hilang, Nauzubillah, maka Ihya Ulumuddin bisa mengganti semua kitab". #AlGhazali

72. Imam #AlGhazali adalah tokoh yang mendamaikan antara syariat dan hakikat.

73. Orang sekelas #AlGhazali tidak menemukan apa2 dari ilmu agama yang dipelajari sampai Beliau menemukan Guru Mursyid.

74. Tentu orang zaman sekarang yang kelasnya jauh di bawah #AlGhazali akan lebih sia2 lagi belajar agama tanpa Guru Musyid

75. Kekuatan Tasawuf yang luar biasa diakui oleh musuh2 Islam dan ini yang paling ditakuti. #AlGhazali

76. Kalau semua ummat Islam mengamalkan Tasawuf dengan bimbingan Mursyid maka akan diperoleh energi Maha Dahsyat langsung dri sisi Allah.

77. Karena kawatir akan Tasawuf, lewat orientalis berhasil mempengaruhi sebagian ummat Islam untuk membenci Tasawuf. #AlGhazali

78. Mereka berhasil mempengaruhi Arab Saudi yang menjaga dunia tanah suci, Mekkah dan Madinah, #AlGhazali

79. Dan paham anti Tasawuf ini kemudian menyebar keseluruh dunia, dimulai abad ke-18. #AlGhazali

80. Tapi ulama-ulama besar dari zaman dulu sampai sekarang tetap mengamalkan Tasawuf sebagai warisan Rasulullah SAW. #AlGhazali

81. Syekh Qardhawi yang menjadi rujukan orang anti Tasawuf pun menganjurkan untuk belajar Tasawuf. #AlGhazali

82. Walau bagaimanapun, kebenaran akan tetap dijaga oleh Allah swt sampai akhir zaman. #AlGhazali

Demikian Nasehat #AlGhazali mudah2an bermanfaat untuk kita semua, alhamdulillahiraabil 'alamin


Belajar dari Jerawat dan Gemuk, dari @RanggaUmara

tweet singkat tapi super jleggg dari Om @RanggaUmara



Hati itu mirip2 rambut ya, kalo ngga dijaga bisa mudah patah atau bercabang

Semangat boleh kaya Ketombe, dikeramas ilang, adalagi....ilang...adalagi, ga prnh nyerah

Jika merasa dunia ini sempit, cobalah bercermin, Mungkin badan kita yg Melebar

Ngomongin Badan Lebar, Badan ini juga dulu prnh Selebar Danau *halahh

Belajar dari Jerawatan & Kegemukan....Jreen...Jreeng

Muka ini dulu Full Jerawat & Berat Badan nyaris 1 Kwintal.....

Makin usaha buat ngilangin jerawat mlh makin banyak...mkin cb Diet eh malah mkin Gemuk

Pas udah Males ngobatinnya eh Malah ilang Sendiri n Malah Kurus Sendiri...Kenapa? #Jerawatan & Kegemukan

Saat kita fokus sama jerawat eh Jerawatnya makin Banyak

Kegemukan jg gitu, makin kenceng Dietnya turunnya dikit eh naeknya makin Banyak

Saat kita brenti ngobatin tanpa disadari kita sdh mengubah FOKUS, saat itulah Jerawatnya ilang & badan Menyusut

Waktu Jerawat sering di oprek , memang berkurang, tp yg berkurang tempatnya alias makin full di muka

Pas udah cape ngobatinnya..eh jerawatnya malah rontok.satu persatu & wajahpun kinclong kembali :)

Waktu Gemuk jg begitu, sering diet berat emang turun, tp ngga lama malah naek & makin gemuk & pipi makin bulet ky balon

Pas Udh cape diet...eh tiap malem badan banjir keringet & ngga kerasa makin menyusut turun 25 kg....Alhamdulillah

Kuncinya adalah Ngerubah Fokus alias jgn dipikirin...makin dipikirin satu Masalah makin besar Masalahnya

jangan Fokus sama Masalah tapi Fokus sama Peluang....Peluang didapet Masalah malah ilang sendiri

"Jerawat" peluangnya "Mulus", "Gemuk" peluangnya "Langsing"...."Susah" peluangnya "Senang", dll

Peluang itu = Kemungkinan, Tiap org punya kemungkinan tak Terhingga, tp suka dibatasin sama dirinya sendiri

Ngerubah Fokus itu bkn berarti lari dari Masalah lho, tapi memperluas sudut pandang

Sehingga kita jd ngga terfokus sama satu hal aja

Ini Contoh memperluas sudut Pandang ya....Cekidot

Waktu pertama kali tumbuh 1 jerawat di muka, Kemudian kita Ngaca, maka kemanakah pandangan mata kita difokuskan?

Apakah melihat Sang Jerawat yang Nongkrong di Muka???

Ataukah kita ngeliat hidung, bibir, dan mata kita yg sangat indah *ciehh

Kita kadang terganggu sama hal2 kecil yg tdk menyenangkan,pdhl kita memiliki bnyk hal besar yg sebenarnya menyenangkan

Klo dipikir-pikir, lebih besar mana antara hidung sama jerawat? atau ada yg sma gedenya *Deg

Sebesar-besarnya jerawat kita, biasanya mah masih lebih besar hidung kita

ti ati, jgn sampai kita termasuk orang2 yg buta terhadap rasa syukur & tajam terhadap kekecewaan

Karena Hidup ini seperi Mawar , Ada bunga yg indah, ada pula durinya yg tajam

Lihatlah bunga kehidupan kita, maka hidup terasa lebih Indah

Lihatlah duri Kehidupan kita, maka hidup terasa lebih susah

Ubah Cara Pandang....Kendalikan Pikiran....dan Saksikan Keajaiban2 bermunculan dalam Hidup kita

Akibat mengubah Fokus!!! http://mypict.me/mY939