Pages

Kamis, 29 Desember 2011

Sedikit Share Tentang Ke-Enterpreneur-an



Bismillaahir rahmaanir rahiym..

Saudarass, gue mau nyeritain apa yang gue dapet dari seseorang yang bisa disebut mentor gue. Pak Arief sama Pak Pur.

Kok ikhwan semua, dew ??
Adanya ikhwan, sob ! Lagian udah bapak-bapak.

Okeh, gue dapet ilmu mahal ! Mahal bagi gue pastinya. Dan lebih bermanfaat daripada biologi yang ntah berantah --"
Gue kan enterpreneur masa nanti :D
Jadi, bahasa disini tolong sambung-sambungin ke business sama agama ya.. *walo mungkin gak nyambung :D

gue ceritain dengan bahasa gue sendiri, biar gampang ;D

MANUSIA ITU DIBEDAIN JADI 3 MACEM !

1. Low Class (mental miskin)
ciri-cirinya :
-pengeluaran lebih besar dari pendapatan.
-blame, excuse, justify (BEJ) = menyalahkan, alasan, pembenaran.
-kalo dapet income, digunain buat liability, bukan untuk asset.
-mental miskin itu fokus pada masalah, memandang kehidupan 20% dan masalah 80%. Kasian..
-takut dengan angka-angka.

2. Middle Class
cirinya hampir sama kaya low class, hanya saja lifestyle. Gaya banget broohhh

3. High Class
ciri-cirinya
-fokus pada potensi. Jadi plis, gue gak suka sekolah ya terserah gue. Hidup-hidup gue. Lagian yang ngejalanin dan punya keinginan kan gue. Pret
-fokus pada kontribusi. Jangan jadi yang dikontribusiin terus :)
-tipe pembelajar. Selalu belajar (bukan pelajaran sh*tkolah) #eaaaa
-fokus menyelesaikan masalah
-memandang kehidupan 80% dan masalah 20%

Liability=semua yang kita miliki, bisa benda atau apa, tapi tidak menghasilkan uang.
Asset=sama, hanya bisa menghasilkan uang.

Liability contohnya BB untuk bocah dari keluarga menengah ke atas. Cuma buat lifestyle. Gak salah sih. Tapi ya gitu.

Contoh lagi, misal gue dapet duit, gue sewain ruko di tempat strategis. Kira-kira liabilty apa asset ???
Tergantung. Kalo gue pake tu ruko buat bisnis n menghasilkan uang, namanya asset.
Tapi kalo gue biarin, malah dibayar sewa tiap bulan, ya gue rugi.

Contoh asset,
gue punya laptop. Gue pake buat bikin design grafis. Dapet duit deh. Ngok
lagi, gue punya motor. Pagi sampe siang bisa buat sekolah, abis pulang bisa buat ngojek :D #eaaa

orang berjiwa besar (high class) : melihat potensi yang ada
orang berjiwa kerdil : males ah

KAMU TERMASUK YANG MANA ??? :)


GOLD MANAGEMENT, Manajemen Emas !!
Rumus membangun kekayaannn
1. Giving. kasih 10% ke orang yang berhak. ikhlas yakk.
“lah dew, gue kebutuhan aja masih banyak”
“pretzz. Masa mau nunggu 'bersih', sampe kapan ??? Gak akan bisa. Kita kasih, Allah akan ngasih lebih. InshaAllah”
oke ?? :)

2. Saving. Simpan, jangan dipake semua eaaahh :)
3. Investmen. Investasiin. Investasiin. Beli yang bisa menghasilkan lagi aja :D
4. Necessary. Kebutuhan yahh
5. Family. Keluarhga kitahh


oke ??? :)


LANGKAH MEMULAI USAHA
-tentukan usaha apa..
-modal..
-tempat..
-kebutuhan alats
-promosiin eaaa
-kalo ada hasil, sisikan 10%
the power of giving.

Ada cerita, “Pak, saya karyawann.. Saya mau usaha..”
“kok tanya ke saya ?”
“saya bingung Pak. Memulai darimana..”
“apa sih yang jadi masalah ? Kamu mau bisnis apa ?”
“bengkel komputer, Pak. Tapi saya kesulitan modal”
“pinjam..”
“saya buka dimana ya Pak”
“ada uang ? Di rumah juga bisa”
“oke di rumah. Tapi saya juga butuh alat-alat, Pak..”
“pinjam dulu sahaja ke tetanggahh”
“pak, sudah saya jalankan. Tapi kok belum ada yang mampir ya ??”
“kasih tau.. Jangan lupa 10%”

hehehehe gaje bunnet yes gue ceritanyah :D
tapi moga maksud :)


ADA BEBERAPA TIPS NIH

-Sobats, mental itu harus ditempa !! yehhh
-Jangan mikirin masalah yang belum terjadi. Misal “aduhh, jangan-jangan nanti kalo gue bisnis gak laku nih.. Rugi dong gue :(”
ilangin !
-Gak ada gading yang gak retak. Yang gak retak paling gading plastik !
Bisnis itu gak langsung mulus, gak langsung besar !
Pohon besar. Kan dari tunas yang seupil dulu..
-Jangan lari dari masalah :)
-Yang buat sukses itu bukan dari banyaknya usaha :)

sobat, sukses itu haq ALLAH, Ar-Razaq.. Dia yang memilih siapa hambaNya yang akan sukses. Kita ikhtiar saja ya.
Tapi juga harus berusaha !

Allah tidak akan merubah suatu kaum sebelum kaum itu merubahnya.

Nah, kalo gue diem kapan gue berubah ???

“Ya Allah, aku tidak akan bosan.. Aku tidak akan pernah menyesal berdoa kepadaMu.. Aku bangga berdoa kepadaMu.. :')”

walau misal, bisnis masih retak-retak :)
husnudzon ya ! ;)

LANGKAH-LANGKAH JADI ORANG SUKSES
ini sebenernya dari Bapak Amien Rais, dan bukan untuk bisnis. Tapi, dipake juga bisa buat bisnis ! :D
1. Pejamkan matamu, berkhayalah, bermimpilah !!
pejamkan, karena bisa saja indera membatasi fantasi kita :)
bermimpilah, dan tentukan tujuan !!

2. Bukalah mata dan lihatlah !
Menentukan peta. Harus bagaimana gue :)

3. Jangan tunda !!! Ayo mulai !!! Eksyennnn !!!! ;D


gue disuruh, kami disuruh, entah disuruh ato gak. Kalo ada waktu luang, coba deh jadi 'karyawan' dulu.
Misal ke warung bakso, “Pak, bolehkah saya kerjah disni ??”
“Maaf Bro, sudah penuh..”
“Pak, biarkan saya bantu saja, saya tidak digaji tidak apa. Saya mau nyuci piring”

kalo udah bilang kaya gitu masa iya sih ada yang nolak :))

nah, dengan kerja jadi 'karyawan dulu' kaya gitu, sebelum jadi sukses beneran, kita bisa ngerasain gimana sih jadi karyawan.. Nyuci.. Ngepel.. Dan sebagainya :)

peka ! :)



“HAI SARJANA !! KAMU PECUNDANG !!
KALIAN NANTI AKAN DIBAYAR OLEH ORANG YANG BUKAN SARJANA !!” *kemudian diturunkan dari mimbar dan diusir dari sebuah universitas*

jangan tersinggung dulu !! :D
itu bukan dari gue, tapi dari orang terkaya dunia, HENRY FORD !!

Oke.

Sukses jadi orang kaya itu gak harus, gak perlu yang berpendidikan tinggi kok. Kata Kak Bong Chandra, ijazah hanya penting untuk mertua. Kira-kira kaya gitu deh :D
*tapi tetep aja gue pengin kuliah -_____-

Bill Gates !!! Dia di DO :)

buat Sobat gue yang katanya gak terlalu pinter di sekolah, tenang aja ! :D
misal lo pengin jadi guru, lo diriin aja sekolah. Terus temen kelas lo yang pinter diambil deh jadi karyawan lo, lo jadi bosssss !! ;D
ngahahehihehaihehajieheh

lo anak sekolah. Lo berani gak jualan siomayy di depan sekolah, atau di kelas ???
Kebanyakan pasti gak mau.
Tapi yang gak sekolah mau mau aja ya ???
Berarti sekolah itu menumbuhkan GENGSI :D
muakkkaaaaan tuh gengsi !!! :D

Sobat, bisnis kan juga bisa jadi ibadah :)
lo bisa nampung saudara Muslim biar dapet kerjaan :)
seneng kan ???? ;)


maaf yahh kalo ada yang tersinggung :) *peyuk*


STRESS MANAGEMENT
-supresing. Dilampiasin buat diri sendiri. Yaitu diem. Biasanya makan, nonton tipi..
Negatif buat dia, kalo gak tahan bisa-bisa... Ah udah deh..
Tapi buat sosial bagus, soalnya gak ada yang tau :D

-expresing. Melampiaskannnn. Misalnya banting hape, banting piring, banting batu, banting rambut #eh
buat dirinya sih positif (?) soalnya diledakin gitu, tapi buat sosialnya kan gak.
Biasanya tipe ini nantinya nyesel..

Nih ada tips ngilangin stresssssss
-tepuk tepuk tangan (bukan tepuk tangan)
-tarik nafas sampai pipi kembung, keluarin.
-senam shalat.
-wudlu.
-shalat. :)

beruntunglah yang ISLAM.. :)

alkisah, dulu di Masjid Rasulullah Shal Allaahu 'alayhi was sallam berkata kepada para shabat radiyallaahu 'anhum, “calon penghuni syurga akan masuk”
“kemudian masuk seseorang”

sahabat yang lain menyelidiki. Ternyata amalannya biasa-biasa saja. (biasa-biasa saja bagi sahabat, bagi kita luar biasa)
salah seorang sahabat bertanya, apa sih rahasianta. Ternyata, sebelum tidur malam, calon penghuni surga ini memaafkan orang-orang yang berbuat salah. Melepaskan stress ! :)

Mashaa Allah :')

sekian ocehan tulis sayah, semoga bermanfaat.. Ini ilmu mahal ya ! :D
kalo ada yang kurang jelas boleh kok ditanyain..

Bisnis. Bukan berarti gue matre ya ngomongin bisnis ! Baca tulisan gue yang dulu itu.

Ini yang gue dapet, gue tulis. Soalnya ilmu itu kaya kuda liar. Kalo gak ditulis nanti bisa ilanngg.
Apalagi gue pas dapet lagi galau biologi :D
gue juga bingung mau kasih judul apa.
Dewi Keren. Yahh, gak nyambung sama isinya :|
ngok


Wallaahu A'lam bis shawwab..

Sobat, doakan dewi yahh :)
dewi, penulis, jurnalis, enterpreneur, wife, mom, etc :D
aameen :D

(dewi saladin, 17 tahun, *masih calon enterpreneurrrrr)

3 komentar:

  1. DEwi/saladin, Assalamu'alaikum... seneng bisa ketemu dan baca blognya dewi/saladin. bacanya merenung bisa sambil senyum2 dan tiba2 ketawa (heuheu) seru deh... aku suka nih sama tulisan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaykumussalaam :) hihihi,, makasih KK, semoga bermanfaat yah ;)

      Hapus
  2. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    BalasHapus