Pages

Sabtu, 05 November 2011

CURHAT !!! "aku gak ngeh ama guru ini"

bismillaahir rahmaanir rahiym....

mau curhat... :(

ini galau sejak kelas XI dulu.. sekarang lagi meledak-ledak nih..
tadi pagi , jam TIK.. kami dikasih liat powerpoint tentang pelajaran sekitar 15 menit.
abis itu kami dikasi liat video dokumentasi rafting internasional di banjarnegara sama upacara adat banjarnegara.

pas upacara adat, gua cuma geleng-geleng sambil ngomong ke temen, "masa setan dikasih sesajen gitu, mending buat gua yaa"
soalnya, di video itu, banyak banget makanan ditata cantik, sayangnya dikasih ntah ke siapa.. horor banget deh
*tiduran di rel* 

setelah ditontonkan tayangan horor tadi, pak itu kasih liat dokumentasi rafting internasional australinasia banjarnegara (ato apa gatau bodo amat yahh :p)
nah ,, kebanyakan tuh orang-orang Iran. soalnya, kata pak itu, cewenya cantik-cantik.. --"
tapi emang cantik sih..


terus pak itu cerita tentang wawancaranya dengan orang-orang Iran..


"kenapa saya melihat anda sering ngaca ?"
 karena saya ingin tampil cantik untuk semua. menyenangkan orang lain adalah ibadah.

setau gue, wanita Muslim itu dandan hanya untuk suami, bukan untuk semua !
tapi sama pak itu, malah dibanding-bandingin, katanya "kalo orang indonesia mah jor-joran.. abis finish langsung minum. kalo Iran nggak, mereka lap keringet ama dandan dulu. itulah keramahan orang timteng' 
*GLEKKKKKK*


"kenapa sewaktu pembukaan tidak memakai jilbab rapat?"
 karena kami ingin menyesuaikan.

pak itu komen, "tuh, orang timteng yang kenal lebih dulu ISLAM saja gitu, kok yang disini sampe pake cadar'

ohhhhhhhh what the..
lagi;lagi ini,, 
oya dulu gue pernah 'sok ncadar' pake kerudung gue yang lumayan lebar bagian depannya, pak itu bilang "heh lo mau pake cadar ??!! ke arab aja sana !!"

*jlebbb*

gue langsung diem smbil mikir... kenapa harus ke arab ??

sebenernya ada beberapa pertanyaan lagi tadi, tapi gue udah ngantuk..

pokoknya.. gue mangkel.. gara;gara ini..


katanya , "jilbab itu budaya arab, ngapain sih kita tiru-tiru mereka. wong kita juga punya budaya sendiri. malah budaya kita dilupain. sok."

komen gue, "budaya arab ???? hanya budaya arab ???? hah tidak. Rasulullah shal Allahu 'alayhi wassallam kan diutus bukan hanya untuk orang arabb, tapi untuk seluruh dunia !!!!!!!!!!!! hanya, dulu orang arab katanya yang ga beradab. wallaahu a'lam
kewajiban mengenakan kerudung atau jilbab juga ada di Al Quran surat An Nisaa dan Al Ahzaab.
dasar liberalis ! pake logika doang, bacaannya banyhak SAYANG BANGET KITAB SENDIRI GAK DIBACA !
kasian temen-temen gue kalo sampe percaya kata-kata lo kan ????
lo jjga nanti ikut nanggung dosanya ! :@


jilbab itu budaya arab, jangan pake..
oh yaudah kalo gitu jangan shalat deh, kan itu juga dari arab !
ngok


katanya, saya juga tidak suka  gomong sama kyai. pasti mereka gak akan setuju. malah sekarang kiyai majang di inpohteymen (baca SOLMED)
 yahh, jelas aja gak ngeh,, takut harga diri jatuh gara-gara ego yang tinggi ya ??? haha . pake ngikutin si solmed lagi. emangnya si solmed ustadz ???? --"

jadi inget orang berpemikiran tolol sok pintar kaya ulil abshar abdalla :P

pak, Iran ituuuu kebanyakan syiah.. bukan sunni..
coba belajar lagi dehhhh  


aduuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhh
emosi tingkat dewi ini :( maaf maaf


gue jadi tambah sebel ama sekolah:p
pengin cepet cepet lulus :D

what should i do ????????????

*kemudian tertidur* 



 


( dewiconggg, 17 tahun, bocah galauannn )

KASIH SAYANG ORANG TUA , IBU , GAK BISA DIUKUR PANJANG X LEBAR !!!!!!!!!!!!!!

Kasih Sayang Orang Tua , Mama , Gak Bisa Diukur Panjang x Lebar x Tinggi !!!

by Dewi Saladin on 09:19 PM, 18-Oct-11
Bismillaahir rahmaanir rahiym

Baiklah , gue mau sedikit cerita , cerita dikit-dikit, dikit-dikit cerita.. tentang KASIH SAYANG SANG IBUUUUU KEPADA ANAKNYA..kepadakuuuuuu

oh iya.. Sebelumnya gue kasih tau kabar gembira yaa.. Gue mau punya anak ke-3 :'wink)) udah hamil 1 bulanan :'wink))
tapi gue gak hamil , yaa Budhe gue yang hamil biggrin

Kemarin-kemarin pas gue pulang ke rumah , gue liat Budhe dianter ke Puskesmas. Sebelumnya gue juga di sms sama Mama kalo Mama mau nganter Budhe ke Puskesmas. Gue heran.. Kok ke Puskesmas lagi ???? Emang Ibu-ibu hamil ampe sakit segitunya ya ???? yahh gue ini polos banget yahh gatau tentang ibu hamil ._.

Gue kirain cuma sakit mual biasa aja...
Nah , abis pulang dari kosan gue dapet kabar lagi kalo Budhe guee lagi di rumah sakit ! shocked
emang kenapa sih ???????

Gueee penasaran meeeeen

nahh pas dapet kabar itu gue langsung tanya Mama , “Mam , Budhe kenapa ??? Kok bolak-balik periksa ke dokter ???? Emang orang hamil sakit ????”

Mama gue jawab “kamu gak tau yaa.. Rasanya emang sakit. Makanya Mama sedih kalo anak-anaknya gak bener..”


JLEBBBBB


dulu Mama juga pernah bilang gitu pas gue MASIH nakal :'((( pas bilang kaya gitu raut mukanya kaya sedih & kecewaa ;(((
rasanya yahh dalemm aja ya.. pantaslaa kalo Mama marah.. Walo ga marah..

Mama udah berjuang sedari hamil sampai ngelahirin sampai ngurus gue sampai sekarang.. gue masih diurus Mama..
Padahal gue ini... ah udah ah , bandelnya gak usah diceritain ya


BERNAFAS...


kalo cerita itu.. Gue jadi inget pas gue di rumah sakit..
Oke , gue ceritain sedikit pengalaman gue ya..
Dulu beberapa hari gue muter-muter terus di kasur doang.. Perut gueee sakit banget meeen ! biasanya sih gue sakit gara-gara maag ato mau dapet.. Tapiii , ini beda ! Sakitnya tuh mau posisi kaya apa aja tetep sakit , terus kalo jalan gak bisa tegap..jadi bungkuk sambil megang perut gitu kaya pendekar abis kena pedang wkwkwkkwkw biggrin

Nah di hari ke 3 kalo gak salah , gue periksa ke dokter dan ternyata gue kena appendix (bahasa sininya usus buntu tapi biar KELIHATAN gaul pake appendix aja ya) :p
nah gue kan dulu periksa ke dokter aja tanpa rumah sakit, dokternya bilang
“ini HARUS SEGERA DIOPERASI ! KALAU TERLAMBAT BISA FATAL !”

ah SUPER JLEB !

gue gak nyangka banget yahh bisa kena penyakit itu , padahal perasaan gue gak suka makan jambu (?) gue juga gak doyan pedes.. Tapi kok....
mungkin Mama juga kaget yahh.. Perasaan Ibu gitu..
Dan tetiba gue nangis..
Gue liat Mama.. Kayanya dia sedih+bingung..
Ahhh ini gara-gara gue ! ;(

kebetulan dulu pake mobil , jadi gue langsung ke rumah sakit terdekat , rumah sakit Emanuel , Klampok , Banjarnegara..
Kebetulan juga Bapak sama Kakak-kakak gue gak ikut.. Gue galau , tapi mama gue kayanya lebih galau , la wong Bapak gak ikut sih ;(

di RS , gue masih nangis gara-gara galau+nahan sakit.. Gue didudukin di kursi roda suer kaya orang sakit beneran ! -____-
nahh gue liat anak kecil , mungkin umurnya 5-7 tahunan lah , ada bapaknya.. Bapaknya bilang kalo anak kecil itu juga kena usus buntu.. Tapi dia gak nangis -____-


Kriiikkk kriiikkkkkk

maghrib-maghrib Kakak sama Bapak gue + Eyang putri ke RS.. Mereka bimbang milih ke RS mana.. Soalnya dulu hari Ahad , jadi lagi pada libur..apalagi di RS kristen. nah si dokter tanpa RS itu bilang HARUS SEGERA DITANGANI.. --"
Akhirnya gue diperiksain dulu deh di klinik umum , ya kalo ga salah ??? biggrin

gila men ! Kata dokternya “kemungkinan usus buntu”

aaaaaaaaa
padahal gue ngarep kalo itu cuma sakit perut >,< tapi emang sakit perut ding :p


abis diperiksa....

hal yang belum pernah terbayangkan sebelumnya kejadian.. Gue DIINFUS !
Sama perawat laki-laki sama perawat perempuan !
Ahhh
pas jarumnya ditusukkin , gue yang nyoba gak tegang malah mrenges-mrenges gak jelas sampe salah satu perawat bilang “biasanya orang diinfus pada ngeringik meronta ini malah mrenges..” (_ _"wink

jleb

padahal lumayan pegel sih..

bla bla blaaa Eyang putri nyariin kamar buat gue.. Kamarnya yang isi satu penuh.. Gue kudu nunggu dulu..
Akhirnya gak lama nunggu yahh Eyanggg nemu kamar ╭(ˆ▽ˆ)╯
tapi gue kudu diperiksa usg apa apa ituh yang pake gel buat ngeliat kenapa sih perut gueee kok mlintir-mlintir..

Sebelumnya , perawat laki-laki yang tadi nginfus gue kesitu lagi.. Bawa apa coba ????
JARUM SUNTIK !!!!!
MANA GEDE BANGET LAGI !!!!!
pasrah....

cssssssssss ,, mrenges lagi gue... >,<
(eh untung perawatnya tampangnya gak galak , malah ganteng) :p

nah pas nunggu periksa usg ituuu ada pasien lain.. Kakek-kakek udah tua lagi ngeringik terus , aada perawat yang coba nenangin “nggih Pak, boten nopo-nopo.. Istighfar mawon nggih..” (iya Pak, gak papa.. Istighfar aja ya)

hehe
itu rumah sakit kristen, dari atasan sampe bawahan semuanya kudu kristen , tapi kok perawat itu nyuruh istighfar yahh ???
biggrin


periksa udah selese ! Yapppp giliran gue ke kamar !
Belum lama di kamar.. Ada perawat tadi lagi.. Bawa jarum suntik lagi ;(
pasrah bener deh..
pura-pura mati

sesuatu deh.. Gue yang tadinya lemes abis diinfus dan sebagainya , gue jadi serasa bugar deh ;p efek infusss

GUE GALAU , BUKAN GARA-GARA GUE TAKUT MATI , TAPI GUE TAKUT ORANG TUA GUE TERLALU CEMAS MIKIRIN GUE ;( GUE JUGA KAN MASIH NAKAL sad

gue DULU MASIH bengal men.. Shalat kalo mau aja.. Manut juga kalo ada angin.. (plis jangan tanya apa itu angin ke gue) jadi dulu gue belum takut mati --" mungkin takut , tapi gatau deh.. pemikiran gue dulu aneh banget lah, ga kaya sekarang.. Gue gamau inget masa lalu gue yang suram ! sad
tapi rasa sayang gue ke orang tua itu... Ummm... Ya gitu deh... Walopun gue bengal smile)

lah jelas aja gue sayang banget sama mereka.. Gue juga sedih kalo mereka sedih.. Gue gak mau orang tua gue , yang paling gue sayang dari dunia sedih.. Gue mau mereka hepi smile)


Pas gue di RS itu , gue beberapa hari mandek fban sama twitteran biggrin
tapi pas gue balik , banyak wall sama beberapa mensyen ngedoain n ngesupport gue , juga dari SMS-SMS.. kebanyakan dari Liverpudlian soalnya dulu 90% fren fb ituu Liverpudlian :'wink)
makasih yahh semua :'wink)


SETELAH BEBERAPA HARI , AKHIRNYA...

Akhirnya gue disuruh operasi sama dokter Sammy ! (mau tau orangnya kaya apa ????)
orangtua gue ngiyain, katanya sih gak tega.. Daripada gue kumat-kumatan perutnya.. Biar ga tambah parah juga.. Terutama yang dukung gue adalah MAMA
sampe temen orangtua gue kasih semangat buat gue.. Sampe Alm Eyang gue yang paling gue sayang nyemangatin.. Bela-belain jenguk gue sendirian walo beliau sibuk, kadang gak bugar.. :'wink
Kakak gue yang biasanya berantem sama gue tetiba baik banget sama gue..mau nungguin gue di RS.. Bikinin gue agar-agar juga :'P
Eyang putri gue bilang “sayang” ke gue..
Mereka semua tersenyum , tersenyumm buat gue..
Mereka jenguk gue rombongan-rombongan gitu..
Alhamdulillaah , makasih semuanya.. :'wink

sampe ada yang bilang “dioperasi itu gak sakit ! Jangan takut ya”

padahal sih... yahh ┒(⌣˛⌣)┎

sebenernya tangis gue itu bukan gaara-gara gue takut dioperasi.. Tapi gue kuatir kalo orangtua gue lagi gak ada uang buat biaya operasi+rumah sakit gue.. Makanya kalo gue mikir itu gue kadang gak sadar nangis.. Tapi dikiranya gara-gara takut dioperasi.. gak secengeng itu kali gue >,,<

Pas dioperasi gue gak kerasa deh.. (yaiyalah wong dibius !)
tapi katanya biasanya mimpi.. Nah gue gak mimpi apa apa an --"
tapi pas gue dibawa ke kamar lagi , gue sadar..
Gue mulai kesakitan.. Tapi bius yang di kaki belum ilang.. Kaki gue gak bisa digerakkin , tapi perut gue sakitttttt , perihhh banget...
Dari jam 4 sore sampe malem , gue ngerengekk terus.. manggil-manggil suster tapi susternya cuma bilang “sabar yaa, sebentar lagi diobati biar gak sakit..” --"

dasar yahh..

NAH , SAAT INILAH.. Pas malem-malemnya , mungkin jam 10 ke atas , sakitnya bener-bener sakit.. Gue nangis gak sadar.. Gue pejamin mata gue saking perihnya..
Rasanya gak karuan men !
Pas itu , mama bilang ..
“DE , KALO BISA.. BIAR MAMA AJA YANG SAKIT..”
suaranya terisak.. Mama gue nangis.. Nangis gara-gara gue ;(
gue pengin banget berhenti nangis biar Mama juga berhenti.. Tapi gue nangisnya malah tambah kenceng ;(

peluk cium MAMA


ahh gue ini..

Gue tertidur sebentar.. Mama gue keliatan capeeekkk banget.. Raut mukanya sedih..
Tapi gue ngerasain sakit.. Jam 2 malem.. Iya, Mama gue emang kecapekan ;( tapi gue kudu gimana lagi...

Rasanya.. Ya ALLAH..

Saat itu gue ngerasa semua orang sayang sama gue.. dan orang yang paling sayang sama gue itu MAMA GUE !

Mama gue.. Berusaha semampunya buat nyari duit , buat ngebiayain gue sama Kakak-Kakak gue.. Lebih dari Bapak gue..
Beliau ingin anak-anaknya dapet pendidikan tinggi yang bermanfaat di dunia dan akhirat , karena dulu beliau hanya lulus SD.. Karena keadaan ekonomi dulu..
Tapi mama gue gak pernah ngeluh ! Beliau juga gak pernah nyalahin ortunya (kakek-nenek gue) , Mama tetap bersyukurrrr.. Mama pengertian..

Hanya sesekali , kalo anaknya lagi bandel banget , entah gue apa kakak gue , mukanya sedih.. Pernah juga nangis.. Tapi beliau semampunya menyembunyikannya dari anak-anaknya..


Pernah gue dan kakak gue diomelin Bapak gara-gara gak ngelakuin sesuatu ,, gue sama kakak langsung diem masuk kamar gak mau makan.. Cuma tengkurep.. Mama gue bolak-balik nyuruh gue makan.. Lama-kelamaan suaranya sedikit bercampur tangis..

Lagi-lagi gue bikin orang yang gue sayang nangis.. ;( ah...

nyebur ke empang

gue jemput Mama di kamar.. Ternyata mama nyembunyiin tangisnya.. Beliau gak mau anak-anaknya liat beliau sedih..

Mama gue.. Gak ngarep duit dari anak-anaknya, tapi beliau ingin anak-anaknya jadi orang bener.. Yang sukses di dunia dan akhirat..
<3 MOMMA <3

Mungkin mama elo juga kaya gitu kan ??? Walo ceritanya beda , tapi mama elo tetep SAAYYYYAAAAAAANGGGGGGG banget sama elo !

Coba lo mikir deh..
Mama lo rela ngandung lo 9 bulan.. Rasanya gak enak juga , kaya Budhe gue..
Abis itu ngelahirin elo.. proses persalinan itu juga perjuangan banget !! Katanya sih antara hidup dan mati, sakitnya juga lumayan.. Ga lumayan lagi..
Oya,, buat yang wanita, udah pernah haid kan ??? Kadang nyeri ??? Nah kata orang-orang tua pas hamil ato mau ngelahirin tuh nyerinya lebih sakit daripada nyeri haid !
Wallaahu a'lam

Abis ngelahirin , mama lo ngurusin lo ! Pas lo kecil , mama lo kasih lo ASI !! Pas mama lo ngasih ASI , Beliau juga sakit. Apalagi kalo lo ngegigit tanpa sadar ! Tapi mama lo tetepppp senyum kan ????!!! Beneran deh !! Gak mbentak kan ???!!! Ya enggak lah !

Mama lo ngedidik lo !!
Walopun lo nakal , mama lo tetep sayanggg banget sama lo !! Pernah lo gak dikasi makan ???? Pernah lo disuruh terjun ke sumur ????
Lo pernah diajak duel sama mama ????
gakk kan ?????

--"

ngadem di bawah pohon kencur


Mama itu lembut...

TAPI KENAPA ????
Kenapa pas mama lo ngelarang lo pacaran , lo langgar ????
Emang pacar lo bisa kasih apa ????
Kasih nafsu ya ????
Haha kasian banget ya mau digombalin..
Gak kepikiran DOSA lo ?????
pengsan

Kenapa pas mama lo manggil , lo jawabnya ngasal , malah kadang MEMBENTAK ????
Harusnya tuh lembut woyy ! Itu udah termasuk durhaka loh...

Kenapa pas mama lo nyuruh lo beli sesuatu di warung , lo jawab “ah” dan lo gak berangkat ????
Tapi guru lo ngasih lo tugas , lo kerjain tugas itu ! Guru lo kasih apa ????? Kasih nilai ???? Nilai buat apa ????? Emang nilai bisa nolong kita dunia akhirat ????? Ah dunia aja ga tentu apalagi akhirat !!
Janganlah berkata ah kepada ibu....

Kenapa pas mama ngerjain pekerjaan rumah , lo gak bantuin ????
Lo malah sibuk smsan , sibuk fesbukan , sibuk twitteran , sibuk dengerin musrik #eh musik !!!

Kenapa pas mama masak yang kurang cocok , lo malah nyuruh mama masak???? manja amat sih lo !
Pake acara bentak mama lagi !
Eh denger ya , MAMA LO ITU BUKAN PEMBANTU ! BUKAN ORANG YANG HARUSNYA DISURUH-SURUH ! MAMA LO , HARUSNYA LO HORMATIIIN BANGET !!
KEBAIKAN YANG LO LAKUIN BUAT MAMA LO , GAK BISA NGEBAYAR KASIH SAYANG MAMA KE LO !!

KENAPA LO LEBIH MILIH PACAR DARIPADA MAMA LO ?????
Pacar lo itu bukan siapa-siapa lo ! Cuma bakal jadi fitnah doang ! Nambah dosa lo mau ????? lo MAU DOSA ????????
Gue mah engak mau MbaSist MasBro wink))


CEKIDOT BEBERAPA HADITH TENTANG IBBBUUUUUUUUU

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu. Hanya kepada-Ku lah kamu akan kembali.” (QS. Luqman: 14)

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada ibu bapaknya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandung dan menyapihnya adalah tiga puluh bulan.” (QS. Al-Ahqaf: 15)

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa pernah ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah dan berkata, “Wahai Rasulullah, siapa orang yang paling berhak bagi aku untuk berlaku bajik kepadanya?” Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?” Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?”
Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?” Nabi menjawab, “Ayahmu.” (HR. Bukhari, Kitab al-Adab no. 5971 juga Muslim, Kitab al-Birr wa ash- Shilah no. 254cool


oiya ,, elo perempuan.. Dulu zaman jahiliyyah kalo ada bayi perempuan langsung dibunuh..
tapi Islam memuliakan smile
alhamdulillaah sekarang ga kaya dulu (walo ada orang-otang yang kaya pas zaman jahiliyya)
biggrin


baru segitu dulu ya ,, mungkin kapan-kapan bisa diperbaiki lagi agar lebih JLEB soalnya ini kata-katanya gimana banget ;D
sedikit share , share dikit-dikit..


Yukkkkk peluk ibuuu yukkkkkkk



(Dewiconggg 17 tahun Sayang Ibu, Ibu Sayang Dewi)

tulisan seadanya dari http://dewisaladin.heck.in/kasih-sayang-orang-tua-mama-gak-bisa-diu.xhtml

KULTWIT DARI AKMAL SJAFRIL , #QURBAN

Kultwit Gurunda Akmal Sjafril , #Qurban smile

@malakmalakmal Kultwit #Qurban yuuuukk... smile

01. Besok insya Allah kita semua akan memperingati Idul Adha 1432 H. #Qurban

02. Bagi umat Muslim, hari raya yg sebenarnya hanya ada 2, yaitu Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. #Qurban

03. Org Minang punya istilah “Hari Rayo”, yg maknanya cuma 1 diantara 2 hari raya tsb. #Qurban

04. Di Indonesia, perayaan Idul Fitri biasanya lebih gegap gempita, minimal karena 3 hal. #Qurban

05. Pertama, karena sebelumnya ada bulan Ramadhan. Kedua, krn ada tradisi mudik. Ketiga, krn ada tradisi belanja. #Qurban

06. Tentu saja, hanya alasan pertama sajalah yg patut dibanggakan. Ramadhan memang sangat sangat spesial. #Qurban

07. Akan tetapi, dari sudut pandang tertentu, Hari Raya Idul Adha justru punya kelebihan yg jarang diulas. #Qurban

08. Jika Hari Raya Idul Fitri hanya dirayakan sehari, maka dlm Idul Adha kita menyembelih #Qurban selama 3 hr penuh.

09. Idul Adha jg menjadi momen terbaik utk melaksanakan amal jariyah. #Qurban

10. Jika di hari2 biasa kita berinfaq, sedekah, wakaf, maka pd momen spesial ini kita sembelih hewan2 #Qurban

11. Tidak ringan menyumbang seekor hewan utk dikonsumsi org lain. Ini keistimewaan dunia Islam. #Qurban

12. Meskipun negeri kita termasuk miskin, tapi banyak yg melaksanakan #Qurban.

13. Sementara itu, di negara2 maju, sulit kita jumpai aksi sosial semasif itu. #Qurban

14. Di Indonesia, org yg gajinya sebulan tak sampai 3 juta pun banyak yg bisa berqurban seekor kambing. #Qurban

15. Di negara2 Barat jg ada yg tebar donasi. Tp biasanya org2 superkaya, dan donasinya tdk sepadan dgn kekayaannya. #Qurban

16. Punya rumah, vila, mobil 5, kapal boat dan pesawat jet pribadi, lantas menyumbang 10.000 US$. Tdk sepadan dgn #Qurban umat Islam.

17. Di Gaza, kaum ibu berlomba2 menjual perhiasan agar bisa menyumbang ke Somalia. Pdhal hidup mereka jg pas2an. #Qurban

18. Inilah watak pemurah yg diajarkan oleh Islam. Belum bisa ditiru oleh umat2 lain. #Qurban

19. Bagi umat Muslim, dlm harta kita ada jatah org lain. Ini konsep yg sangat mendalam. #Qurban

20. Sebab, itu artinya, kita tidak ‘mengisi gelas kita sampai penuh, lalu kalau ada yg tumpah diberikan ke org lain’. #Qurban

21. Sebelum gelas kita penuh, kita sudah dapat kewajiban utk membaginya dgn org lain. #Qurban

22. Di jaman Rasulullah saw, para sahabat yg miskin dan terpaksa menerima sedekah pasti merasa sedih bukan kepalang. #Qurban

23. Mereka yg harus menerima daging #Qurban menangis krn besar harapannya suatu hari bisa menyembelih qurbannya sendiri.

24. Dlm penyembelihan hewan2 itu ada taqarrub ilallaah, artinya usaha kita mendekat kpd Allah. Itulah makna kata #Qurban

25. Kalau mau mendekat kpd Allah, maka berqurbanlah! #Qurban

26. Kalau mau mendekat kpd Allah, bagilah rizki yg kau dapat dgn org lain! #Qurban

27. Kalau mau mendekat kpd Allah, tunaikan hak2 org lain dari hartamu! #Qurban

28. Itulah sebabnya umat Muslim berbondong2 menyembelih hewan #Qurban, krn mrk ingin mendekat kpd Allah.

29. Allah SWT tdk bs ‘didekati’ dgn banyaknya harta yg kita kumpulkan atau tingginya kedudukan. #Qurban

30. Allah SWT justru menghendaki agar kita mendekat dgn berbagi kepada sesama hamba-Nya. #Qurban

31. Dahulu, ust Rahmat Abdullah pernah menggugat penggunaan kata “korban”, yg merupakan hasil serapan dr kata #Qurban

32. Menurut beliau, skrg ini penggunaan kata “korban” sudah sangat jauh dr makna asalnya. #Qurban

33. Jika pahlawan dikatakan “berkorban jiwa”, maka sungguh ia telah mendekat kepada Allah. Konsisten dgn makna #Qurban

34. Tapi jika org mati krn overdosis narkoba lantas disebut sbg “korban”, maka di mana taqarrub-nya? #Qurban

35. Kenyataannya, logika rusak inilah yg hendak ditanamkan oleh sebagian org jaman skrg. #Qurban

36. Ketika org ditangkap krn mengkonsumsi narkoba, mereka minta agar pengadilan mengakuinya sbg ‘korban’. #Qurban

37. Pdhal ia adalah manusia dewasa yg bisa menilai baik-buruk perbuatannya dan (harusnya) siap bertanggung jawab. #Qurban

38. Dgn cara demikian, melesetlah makna kata “korban” dari makna asal yg sebenarnya. #Qurban

39. Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban adalah momentum berbagi utk mendekatkan diri kpd Allah SWT. #Qurban

40. Makna “Idul Adha” sendiri tidak lepas dari tadhhiyyah (pengorbanan). #Qurban

41. Artinya, pd hari itu kita mengikhlaskan sebagian hak kita utk diberikan kpd org lain yg membutuhkannya. #Qurban

42. Kita melakukan tadhhiyyah agar bisa ber-taqarrub ilallaah. Itulah benang merah dr kedua nama tsb. #Qurban

43. Bbrp tahun silam, ada film berjudul “Abraham” yg diputar di salah satu TV swasta. #Qurban

44. Film tsb diputar menjelang Hari Raya Idul Adha. #Qurban

45. Mudah ditebak, filmnya menceritakan kisah hidup Abraham atau Nabi Ibrahim as. #Qurban

46. Hanya saja, kita hrs menyadari bhw pembuat filmnya bukanlah seorang Muslim. #Qurban

47. Adapun tokoh “Abraham” dlm Bibel tidaklah sama dgn Nabi Ibrahim as dlm al-Qur’an. #Qurban

48. Dlm film tsb, sesuai cerita Bibel, yg hendak disembelih adalah Isaac (Ishaq as), bukan Samuel (Ismail as). #Qurban

49. Banyak yg tdk tahu bhw perbedaan ini SANGAT signifikan bg umat Kristen dan Yahudi. #Qurban

50. Sebab, Bani Israil dan kaum orientalis kerap kali menjadikan cerita versi Bibel sbg bahan ejekan thd umat Muslim. #Qurban

51. Bani Israil adalah keturunan Nabi Ya’qub as, maka mrk selalu mengelu2kan Isaac (Ishaq as adalah ayah Ya’qub as). #Qurban

52. Peristiwa ‘penyembelihan’ mrk anggap sbg penegasan bhw Isaac lbh utama drpd Samuel. #Qurban

53. Dlm film itu jg diperlihatkan seolah2 Hajar, ibunda Nabi Isma’il as, adalah perusak rumah tangga Nabi Ibrahim as. #Qurban

54. Penggambaran spt ini juga sangat signifikan bagi Bani Israil dan orientalis. #Qurban

55. Sebab, dgn cerita seperti itu, mrk bisa katakan bhw Rasulullah saw adalah keturunan perempuan perusak rmh tangga. #Qurban

56. Apalagi, Hajar adalah mantan budak. Maka Rasulullah saw pun dianggap hina krn keturunan budak. #Qurban

57. Dahulu, kaum orientalis tdk suka menyebut nama “Islam”. Mereka menyebutnya “Hagarism”. #Qurban

58. Hagar adalah nama Hajar dlm dialek mereka. Islam selalu dikait2kan dgn Hajar yg mantan budak. Itulah cara mrk mengejek. #Qurban

59. Bagi umat Muslim, kita yakin bahwa yg hendak disembelih adalah Nabi Isma’il as, bukan Nabi Ishaq as. #Qurban

60. Ini berdasarkan dalil2 Qur’an, bukan krn kita mengutamakan satu Nabi dari Nabi yg lainnya. #Qurban

61. Andaikan dalil2 menunjukkan bhw yg hendak disembelih adalah Nabi Ishaq as, kita pun lapang dada menerimanya. #Qurban

62. Kemuliaan Rasulullah saw tak berkurang hanya karena Hajar adalah nenek moyangnya. #Qurban

63. Apakah Nabi Ibrahim as menjadi hina lantaran ayahnya adalah pembuat berhala? #Qurban

64. Demikianlah perang pemikiran yg dikobarkan lantaran kisah Abraham dan peristiwa penyembelihan tsb. #Qurban

65. Di jaman skrg, ada serangan pemikiran lain yg juga seputar #Qurban.

66. Seperti biasa, setiap menjelang Hari Raya Idul Adha, kaum liberalis senantiasa menjelek2an ibadah #Qurban

67. Macam2 argumen #mereka dlm mencemooh ibadah #Qurban

68. Adakalanya #mereka bilang ibadah #Qurban adalah pelanggaran ‘hak asasi hewan’ besar2an.

69. Padahal konsumsi daging #Qurban pd Hari Raya Idul Adha sangat efektif. Semuanya dimakan. Dan 70. Bandingkan dgn org2 Barat yg paling hobi menyisakan makanan di piringnya. Itulah konsumsi yg tdk efektif. #Qurban disyukuri.

71. Dunia ini sanggup memenuhi semua kebutuhan manusia, tp tdk akan sanggup melayani keserakahannya. #Qurban

72. Jadi, jika hrs menggugat konsumsi daging, gugatlah Barat. Merekalah yg paling mubadzir. #Qurban

73. Tentu saja, tak mungkin kaum liberalis menggugat Barat. Tindakan ini bisa mengganggu cashflow smile #Qurban

74. Ada jg yg bilang bahwa dana utk #Qurban lbh baik utk keperluan lain, misalnya utk beasiswa dll.

75. Ini sama saja seperti ketika terjadi musibah gempa, lantas #mereka mengejek ulama yg menyeru manusia utk bermuhasabah. #Qurban

76. Kata #mereka, harusnya kita membantu dulu, bukannya membicarakan soal dosa dan semacamnya. #Qurban

77. Padahal, yg turun tangan membantu di setiap peristiwa musibah adalah umat Islam, bukan umat liberalis. #Qurban

78. Sama saja seperti beasiswa. Yg mengumpulkan dana utk amal spt beasiswa adalah umat Islam, bukan #mereka. #Qurban

79 .Jadi, yg beribadah #Qurban adalah umat Islam, yg beramal di bidang2 lain jg umat Islam. Bukan #mereka

80. Kenapa kaum liberalis begitu benci dgn ibadah #Qurban ? Sebab amal2 sosial seperti inilah yg justru jd kelemahan #mereka. #Qurban

81. Kehidupan #mereka sudah begitu makmur, penghasilan besar sekali. Tapi utk beramal begitu beratnya. #Qurban

82. Dgn pemasukan sebesar itu, harusnya #mereka bisa membantu masyarakat yg kesusahan. Dlm bentuk apa saja. #Qurban

83. Kenyataannya, ‘Islam liberal’ tidak pernah eksis dlm kegiatan2 sosial. Apalagi #Qurban

84. Mereka tdk mengenal spirit tadhiyyah, apalagi taqarrub ilallaah. #Qurban

85. Demikianlah, semoga kita semua menjadi hamba yg dekat kpd Allah. Semoga #Qurban kita diterima oleh Allah SWT.

86. Bagi yg belum mampu berqurban, semoga di tahun2 selanjutnya bisa mengubah nasibnya. #Qurban

87. Aamiin, yaa Rabbal ‘aalamiin… #Qurban

Barak Allah Fiykum