Pages

Kamis, 08 September 2011

Resensi Buku Mengenal Al-Ghazali for Teens


Judul Buku          :               Mengenal Al-Ghazali for Teens
Penerbit              :               DAR! Mizan
Tebal Halaman     :                  184
Penulis                 :               Himawijaya

               


Imam Al-Ghazali adalah salah satu tokoh utama dari kalangan Muslim. Beliau dikenal sebagai sufi yang anti filsafat. Hidupnya penuh dengan kontroversi, kadang dicaci dan dipuji.
                Karya-karya Imam Al-Ghazali banyak dipakai oleh filsuf dan pemikir Barat. Salah satunya adalah Descartes  yang mengutip kata-kata beliau, “La doute est le premier pas vers la certitude” (keraguan adalah jalan pertama menjadi keyakinan). Di kalangan Barat, beliau dikenal dengan nama Algazel. Sekitar seratus judul telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa di negara-negara Islam. Karyanya yang paling terkenal adalah Ihya Ulum ad-Din.
                Sesuai dengan judulnya, Mengenal Al-Ghazali for Teens, memang buku ini diperuntukkan untuk remaja. Pilihan bahasa yang mudah dimengerti dengan perumpamaan-perumpamaan yang bagus. Penulis juga menggunakan beberapa gambar untuk lebih menjelaskan maksud tulisan dan buku terkesan lebih menarik. Selain itu, penulis juga menyisipkan isi dari kitab Ihya Ulum ad-Din juga ayat Al-Quran. Namun, ada beberapa kata dalam bahasa Arab yang tidak dijelaskan artinya sehingga bias membuat pembaca tidak mengerti.
                Buku ini layak dibaca bagi semua, bukan hanya remaja dan Muslim. Mungkin lebih tepatnya ditujukan untuk ‘pemula’. Buku ini berisikan kisah hidup Al-Ghazali, pengertian-pengertian dalam tasawwuf atau sufi, konsep etika, konsep Tuhan dan lain-lain.
Berikut beberapa kalimat yang dimuat dalam buku ini :
“Inilah kebanyakan manusia, saat semua cita-citanya berkisar seputar perut, kemaluan dan permusuhan. Herannya bahwa ia menentang para penyembah berhala, memerangi pemuja batu. Padahal, jika ia tahu keadaan dirinya yang sebenarnya, tentang hakikat dari hatinya, seperti penglihatan para ahli kasyaf, akan tampaklah bahwa dirinya patuh di hadapan seekor babi (lambing syahwat dan hawa nafsu). Ia sujud di depan babi, kadabg ruku, menunggu petunjuk dan perintahnya. Saat sang babi bergerak dan meminta sesuatu, dengan cepat dirinya melayani keinginan dari babi tersebut.” (Ihya Ulum ad-Din)

Tuhan-tuhan yang menguasai pikiran dan hati kita sangat banyak. Itulah berhala-berhala yang kita senbah. Kenapa disebut berhala? Karena, memang sifatnya mirip berhala. Bukankah berhala itu dibentuk oleh tangan-tangan manusia? Demikian juga dengan Tuhan-tuhan tersebut, dibentuk secara sadar oleh hawa nafsu dan syahwat kita. Dibentuk oleh keinginan, cita-cita dan tujuan duniawi.


Resensator, Dewi

3 komentar:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    BalasHapus
  2. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus
  3. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus